Laporan Pertandingan: AS Roma 4-0 Fiorentina

Sepasang gol Dzeko yang membantu Giallorossi menang telak atas Fiorentina juga memantapkan namanya sebagai top skor sementara.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


AS Roma kembali mengambil alih posisi runner-up klasemen sementara Serie A Italia musim ini berkat kemenangan telak 3-0 atas Fiorentina di Stadio Olimpico, Rabu (7/2) dini hari WIB.

Di awal babak pertama tepatnya saat laga baru berjalan delapan menit, Fiorentina langsung menghadirkan gebrakan kala tembakan keras Borja Valero memaksa Kostas Manolas melakukan halauan krusial.

Setelah itu, jual beli serangan terjadi dengan Fiorentina kembali menebar ancaman pada menit ke-14 lewat aksi youngster Federico Chiesa. Roma balas mengancam pada menit ke-29 dengan aksi Bruno Peres.

Roma memperoleh keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-39, berawal dari pergerakan Daniele De Rossi dari lini tengah, sang jenderal Giallorossi mengirimkan umpan matang yang kemudian dituntaskan oleh tembakan kaki kanan Edin Dzeko.

Keunggulan 1-0 bagi Roma pun bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, pasukan Luciano Spalletti tetap mempertahankan irama permainan mereka, dengan Fiorentina berusaha untuk bangkit.

Menit ke-58, tuan rumah menggandakan skor melalui tandukan bek jangkung Federico Fazio. Gol tersebut tercipta melalui sebuah skema yang cukup rapi, dengan lagi-lagi De Rossi berperan besar dalam memberikan umpan akurat.

Momentum positif tersebut dipertahankan Roma sepanjang babak kedua berjalan dan bahkan mampu untuk mengemas gol ketiga pada menit ke-75. Sebuah serangan cepat yang dibangun Kevin Strootman dieksekusi sempurna oleh Radja Nainggolan.

Dzeko bahkan membawa Roma kian menjauh pada menit ke-83 setelah mengemas gol ke-17 di kancah Serie A musim ini. Upaya anak asuh Paulo Sousa untuk mengubah keadaan pun gagal terlaksana hingga peluit panjang dibunyikan wasit.