Kiper Persib Bandung Punya Tugas Ganda

Tiga kiper Persib akan menjalankan tugasnya sebagai sweeper saat bek ikut membantu serangan.


OLEH   DONNY AFRONI


Jajaran pelatih Persib Bandung meminta para penjaga gawang ikut berperan sebagai sweeper untuk menambah kekuatan lini pertahanan seperti yang diterapkan di klub-klub Eropa.

Pelatih kiper Anwar Sanusi mengatakan, peran itu akan dicoba kepada I Made Wirawan, M Natsir Fdhil, dan Imam Arief Fadillah selama Persib mengikuti turnamen Piala Presiden 2017.

SIMAK JUGA: Persib Berhenti Berburu Pemain Asing

Anwar menginginkan ketiga kiper Persib ini bisa berperan seperti Manuel Neuer di Bayern Munich. Mereka dibutuhkan ketika pemain belakang sedikit maju untuk membantu serangan. Mereka tidak hanya piawai memblok atau menangkap bola saja, namun juga dribling, kontrol, dan passing bola yang harus lebih dimatangkan.

SIMAK JUGA: Djnur Anggap Overtoom Pemain Seleksi

“Untuk menjalani turnamen pramusim ini kami akan coba ubah pola, bukan hanya sebagai kiper tapi sweeper juga. Karena tuntutan sekarang seperti itu,” kata Awai, sapaan Anwar, dikutip laman resmi klub.

“Itu untuk menutup lubang. Tipe kalau bek sejajar ya dibutuhkan seperti itu. Bukan satu keharusan, tapi hanya nilai plus saja bagi seorang kiper. Kami akan dorong terus supaya tugas ini jalan. Tapi fokus intinya sih kiper ini tetap menjaga gawang supaya tidak kebobolan.”