Kalah Dari Persela Lamongan, PSM Makassar Tersingkir Dari Piala Presiden 2017

Sempat unggul, PSM harus menelan kekalahan dari Persela dengan skor 2-1.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


PSM Makassar dipastikan gagal lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2017. Itu setelah, mereka takluk dari Persela Lamongan dengan skor tipis 2-1, dalam lanjutan grup 3 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (12/2) petang.

Kekalahan ini membuat PSM berada di posisi juru kunci klasemen sementara grup 3 dengan nol poin dari dua laga. Sementara kemenangan ini menjaga peluang Persela lolos ke babak selanjutnya, lantaran mereka mampu mengoleksi tiga poin. Poin yang dihasilkan Persela sama dengan Persiba Balikpapan dan Persib Bandung yang baru akan bertanding, nanti malam. 

Babak pertama

Kedua tim menampilkan permainan menyerang sejak menit awal pertandingan. Tendangan kaki kiri Ferdinand Sinaga di dalam kotak penalti masih bisa ditepis kiper Persela Ferdiansyah.

Serangan Persela pun masih bisa diredam dengan baik lini pertahanan PSM. Hingga akhirnya, pada menit ke-20 Pouya Hosseini membuka keunggulan PSM, lewat sundulannya yang menyambut umpan silang Ridwan Tawainella. Skor pun berubah 1-0.

Unggul satu gol PSM semakin gencar menekan. Umpan silang M. Rahmat masih bisa diantisipasi Ferdiansyah.

Persela tak tinggal diam. Mereka juga memberikan ancaman lewat aksi Ivan Carlos. Tapi tendangannya masih melenceng dari gawang PSM. 

SIMAK JUGA: Rizky Pellu Ingin Maksimalkan Kesempatan Lawan Persela 

Persela sebenarnya mampu mencetak gol pada menit ke-24′ melalui sontekan Marcio Rozario. Tapi gol tersebut dianulir wasit lantaran pemain asal Brasil itu sudah terjebak off-side lebih dulu.

SIMAK JUGA: Persela Boyong Mantan Rekan Van Dijk

PSM kembali memberikan ancaman. Sayang, sundulan Ferdinand di depan gawang Persela masih belum tepat sasaran.

Tendangan Ivan Carlos masih bisa ditepis kiper PSM, Hilmansyah. Tekanan bertubi-tubi dilancarkan Persela ke pertahanan PSM di sisa waktu babak pertama. Namun hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, Persela langsung tampil agresif. Serangan demi serangan mereka lakukan ke lini pertahanan PSM.

Tendangan kaki kiri Saddil Ramdani di depan gawang PSM, masih melambung di atas gawang. Umpan Zaenal Arifin di depan gawang PSM, masih gagal disambar oleh Ivan Carlos.

PSM pun tampak cukup kesulitan keluar dari tekanan Laskar Joko Tingkir. Peluang didapatkan PSM di depan gawang Persela, namun tendangan M. Rahmat masih melambung di atas gawang. 

Persela membalas lewat sepakan Saddil. Tapi lagi-lagi masih belum tepat sasaran.

Skuat asuhan Herry Kiswanto itu akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakan Ahmad Nur Hadianto yang menyambut umpan Saddil, pada menit ke-74′. Skor berubah 1-1.

Pertandingan pun semakin berjalan menarik. PSM mulai meningkatkan intensitas serangan mereka. Tendangan Ghozali Muharram Siregar masih bisa ditangkap Ferdiansyah.

Namun Persela yang justru kembali membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Lagi, Hardianto yang mampu mencetak gol pada menit ke-80′, yang kembali mendapatkan umpan terobosan dari Saddil.

Jual-beli serangan terus terjadi di sisa waktu yang ada. Tapi hingga babak kedua berakhir, skor tetap 2-1 untuk keunggulan Persela.