Jumlah Pelatih Asing & Lokal Di Klub Liga 1 2017 Seimbang

Seluruh klub peserta Liga 1 2017 telah menetapkan pelatih kepala mereka.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Klub-klub sudah mulai bersiap untuk menatap kompetisi Liga 1 2017. Bahkan, mereka sudah mulai menjajal komposisi pemain yang dimiliki dalam turnamen Piala Presiden 2017 yang sudah dimulai sejak 4 Februari lalu. 

Menarik untuk mencermati para pelatih yang ditunjuk untuk menangani 18 klub di Liga 1. Teranyar, Bali United FC yang telah memilih pelatih asal Austria Hans Peter Schaller untuk menggantikan peran Indra Sjafri yang ditunjuk PSSI kembali melatih timnas Indonesia U-19.

Dengan demikian, saat ini sudah ada sembilan pelatih asing yang menjadi pelatih kepala di klub-klub peserta Liga 1. Artinya, jumlah pelatih asing itu seimbang dengan pelatih lokal yang dipercaya klub untuk kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut.

SIMAK JUGA: Schaller Merasa Satu Visi & Misi Dengan Bali United

Untuk sektor pelatih asing, masih didominasi dari Brasil. Sebut saja Jacksen Ferreira Tiago (Barito Putera), Gomes De Oliveira (Madura United FC), dan Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues (Persija Jakarta). 

SIMAK JUGA: Jacksen Malu-Malu Bidik Juara

Di samping itu, ada nama pelatih lawas yang kembali dipercaya menangani tim, yakni Yusack Sutanto yang bakal melatih Perseru Serui. Setidaknya, ada delapan klub yang tetap mempertahankan pelatih mereka pada musim lalu. 

Delapan klub itu adalah Madura United FC, Mitra Kukar, Persib Bandung, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Pusamania Borneo FC, Semen Padang, dan Sriwijaya FC.

Tentunya, menarik untuk ditunggu adu taktik dari para pelatih tersebut. Liga 1 pun direncanakan mulai kick-off pada 26 Maret 2017. Terakhir, Angel Alfredo Vera mampu membawa Persipura menjuarai Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Apakah kompetisi kali ini kembali menjadi milik pelatih asing? Atau digenggam pelatih lokal seperti yang dilakukan Djadjang Nurdjaman bersama Persib pada musim 2014?

Berikut daftar pelatih klub Liga 1 2017:

Arema FC: Aji Santoso
Barito Putera: Jacksen F Tiago (Brasil)
Bhayangkara FC: Simon McMenemy (Skotlandia)
Madura United FC: Gomes de Olivera (Brasil)
Mitra Kukar: Jafri Sastra
Persegres Gresik United: Hanafi
Persela Lamongan: Herry Kiswanto
Perseru Serui: Yusack Sutanto
Persib Bandung: Djadjang Nurdjaman
Persiba Balikpapan: Timo Scheunemann (Jerman)
Persija Jakarta: Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues (Brasil)
Persipura Jayapura: Angel Alfredo Vera (Argentina)

PS TNI: Mustaqim
PSM Makassar: Robert Rene Alberts (Belanda)
Pusamania Borneo FC: Dragan Djukanovic (Montenegro)
Semen Padang FC: Nilmaizar
Sriwijaya FC: Widodo Cahyono Putro
Bali United FC: Hans-Peter Schaller (Austria)

Keterangan: Yang dicetak tebal dilatih pelatih asing.