Jose Mourinho & Rekor 100 Persen Di Final Piala Domestik Inggris

Catatan impresif The Special One di final piala domestik Inggris terus berlanjut setelah Setan Merah mengempaskan Southampton.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


“Laga final ada bukan untuk dimainkan, melainkan untuk dimenangkan.”

Kutipan Jose Mourinho selepas mengantar Chelsea memenangi Piala Liga pada 2015 itu menjadi mantra ajaib bagi manajer asal Portugal itu.

Dua tahun berselang, Mourinho membuktikan sekali lagi kesaktian omongannya itu dengan sukses mengantar Manchester United menggebuk Southampton 3-2 dalam laga final Piala Liga di Wembley, Minggu (26/2).

SIMAK JUGA: Man United Juara Piala Liga 2017!

Faktanya, Mourinho selalu mampu menjadi pemenang di setiap partai puncak piala domestik Inggris yang dijalaninya, dengan rincian empat trofi Piala Liga dan satu Piala FA. Ia pun memegang rekor sebagai manajer dengan rekor 100 persen kemenangan terbanyak di final piala domestik Inggris (lima kali).

Kedigdayaan Mourinho di piala domestik Inggris bermula pada 2005 ketika gol Mateja Kezman di babak perpanjangan waktu mengantarkan Chelsea membekuk Liverpool 3-2 di final Piala Liga. Dua tahun berselang, Mourinho meraih gelar ganda di piala domestik bersama The Blues, mengalahkan Arsenal di final Piala Liga dan Manchester United di final Piala FA.

GFXID - Jose Mourinho Raja Piala Domestik Inggris

Ketika menjalani periode keduanya di Chelsea, Mourinho kembali mempersembahkan gelar Piala Liga bagi Chelsea dengan sukses mengempaskan Tottenham Hotspur. Ia kemudian meraih trofi Piala Liga keempatnya dalam musim debutnya bersama United. Catatan itu membawa Mou menyamai pencapaian Brian Clough dan Sir Alex Ferguson sebagai manajer tersukses dalam sejarah Piala Liga.

Meski demikian, rekor 100 persen Mourinho tersebut tidak berlaku di final piala domestik di negara lain. Ia pernah menelan hasil pahit di final Taca de Portugal 2003/04 bersama Porto (kalah 2-1 dari Benfica) dan di final Copa del Rey 2012/13 bersama Real Madrid (kalah 2-1 dari Atletico Madrid).

Kecuali dua kekalahan itu, Mourinho selalu berhasil menjadi yang terbaik dalam partai final mana pun yang dilakoninya, termasuk dalam dua partai puncak Liga Champions. Dengan total meraih 13 kemenangan dari 15 kesempatan, Mourinho punya persentase kemenangan 87 persen di final.