Jacksen F Tiago Malu-Malu Bidik Juara Piala Presiden

Jacksen menyatakan, keikutsertaan Barito Putera di Piala Presiden di luar program yang sudah disusunnya.


LIPUTAN   ALDIV ALFASERA     DARI   BALI   


Meski menjadikan Piala Presiden untuk membangun tim, pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago tak menafikan tim besutannya ingin mendapatkan gelar juara di turnamen pramusim ini.

Barito Putera telah menggelar latihan di Pulau Dewata sebagai persiapan menghadapi tuan rumah Bali United FC, Pusamania Borneo FC, dan Sriwijaya FC. Dalam latihan di Lapangan Banteng, Seminyak, Kuta, kemarin Jacksen mengasah taktik permainan, teknik, dan kerjasama tim.

SIMAK JUGA: Barito Putera Datangkan Bek Australia

“Target kami di Piala Presiden yang utama adalah membangun tim sebaik mungkin. Mencari di mana letak titik lemah kami selama ini, poin-poin apa yang harus kami benahi dalam tim,” tutur Jacksen.

“Bersyukur kalau kami bisa berprestasi. Yang jelas, kalau kami sudah punya lambang di dada, maka kami harus berjuang untuk sebuah prestasi, Meskipun target utama bukan menjadi juara, kami tidak menutup mata juga untuk mencapai target itu.”

SIMAK JUGA: Barito Putera Masih Tunggu Pemain Asing

Jacksen menambahkan, keikutsertaan Barito Putera di Piala Presiden sebetulnya di luar program yang telah disusun. Awalnya mereka ingin menggelar pemusatan latihan (TC).

“Semua aspek masih perlu dibenahi. Sebetulnya tanggal 31 Januari kami ingin training camp [TC] dengan pelatih fisik dan pelatih kiper yang baru. Ternyata harus kami ubah. Karena kami menatap kompetisi, kami mempercepat proses yang seharusnya dijalankan. Makanya masih banyak kekurangan,” beber Jacksen. 

“Anak-anak cukup baik meskipun belum sempurna. Banyak hal yang perlu dibenahi. Tapi untuk mengawali kompetisi yang sudah resmi, saya rasa sudah cukup, meskipun persiapan cukup singkat, dan tidak sesuai dengan apa yang kami rencanakan.”

SIMAK JUGA: Jacksen Buta Kekuatan Bali United & PBFC

Kendati begitu, pelatih asal Brasil ini mengaku sudah memiliki bayangan kerangka tim untuk diturunkan di Piala Presiden. Ia akan mencari komposisi terbaik sebelum mengarungi Liga 1.

“Mungkin ada beberapa pemain yang akan mengalami peningkatan, ada yang mengalami penurunan. Saya rasa, kerangka tim pasti setelah Piala Presiden. Makanya kami akan manfaatkan Piala Presiden untuk membangun tim ini yang punya karakter kuat, tim yang kompetitif,” ujarnya. (gk-67)