Iker Casillas, Gianluigi Buffon, Peter Schmeichel, Siapa Kiper Terbaik Sepanjang Masa?

Jelang pertemuan Iker Casillas dengan Gianluigi Buffon di Liga Champions, Goal meminta pembaca untuk memilih penjaga gawang terbaik sepanjang masa.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Dua kiper legendaris dunia akan kembali saling berhadapan pada Rabu (22/2) malam saat FC Porto menjamu Juventus dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Iker Casillas dan Gianluigi Buffon telah menunjukkan performa solid di level tertinggi dalam dua dekade terakhir dan sama-sama menaruh respek tinggi untuk satu sama  lain.

Bahkan, Casillas belum lama ini bertanya kepada Buffon melalui Twitter usai melihat video yang menampilkan aksi kedua pemain: “Bagaimana pendapatmu? Menurut saya, kau yang terbaik.”

“Saya tak memilih. Kita berdua yang terbaik!” respons Buffon.

Nah, sekarang giliran Goal yang bertanya kepada pembaca, siapa menurut Anda yang pantas disebut sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang masa?

Juventus' Gianluigi Buffon and Real Madrid's Iker Casillas

Bukan hanya San Iker dan Superman, ada juga kandidat-kandidat hebat lain. Sebut saja ikon Uni Soviet Lev Yashin yang tetap dipandang oleh sebagian kalangan sebagai yang terhebat dalam sejarah, sementara tak sedikit pula yang mencuatkan nama Dino Zoff. Durasi karier Zoff tak bisa dipandang sebelah mata, mengingat ia memimpin timnas Italia merengkuh trofi Piala Dunia di usia 40!

Di samping itu, legenda Manchester United Peter Schmeichel menginspirasi langkah Denmark mencetak kejutan besar dengan menjuarai Euro 1992, sedangkan mantan bintang Jerman dan Bayern Munich meraih Bola Emas, simbol pemain terbaik, di Piala Dunia 2002.

JADWAL 16 BESAR LIGA CHAMPIONS

Tak ketinggalan deretan kandidat lain seperti Gordon Banks, yang akan selalu diasosiasikan dengan penyelamatan sensasionalnya terhadap upaya Pele di Piala Dunia 1970 di Meksiko, dan jangan lupakan pula Thomas N’Kono, salah satu pemain penting Kamerun saat menembus perempat-final PD di Italia ’90.

Di era modern mengorbit figur top lain dalam diri Manuel Neuer, kampiun Piala Dunia 2014 dengan timnas Jerman, yang digadang-gadang sebagai master dalam memainkan peran “sweeper-keeper“, tapi ada pula kiper yang gemar maju lebih jauh ketimbang Neuer, yakni Jose Luis Chilavert, yang kerap menjadi eksekutor tendangan bebas dan penalti untuk Paraguay!

Jadi, siapa pilihan Anda? Berikan vote di bawah ini!