EKSKLUSIF – Paul Scholes: Manchester United Mampu Juara Liga Europa

Sang legenda juga meyakini skuat Jose Mourinho akan bisa mengakhiri Liga Primer Inggris musim ini di empat besar.


EKSKLUSIF   KRIS VOAKES     PENYUSUN   DEDE SUGITA     


Paul Scholes meyakini Manchester United memiliki kapasitas untuk tampil sebagai kampiun Liga Europa sekaligus menuntaskan Liga Primer Inggris di empat besar kendati harus mengarungi jadwal luar biasa padat hingga akhir musim ini.

Pasukan Jose Mourinho akan menjamu Saint-Etienne pada partai leg pertama babak 32 besar UEL pada Jumat (17/2) dini hari WIB dan terlibat dalam persaingan sengit di papan atas liga domestik.

Berkompetisi di berbagai ajang berpotensi menguras fisik pemain, tetapi Scholes, legenda klub dengan koleksi penampilan melampaui 700 laga selama lebih dari dua dekade mengusung panji Setan Merah, percaya mantan timnya memiliki kedalaman skuat cukup mumpuni.

PREVIEW: MANCHESTER UNITED – SAINT-ETIENNE

“Ini bukan hanya kancah Eropa, tapi juga Piala Liga, Piala FA, dan liga. Ini akan sulit untuk mereka, tetapi saya rasa  mereka mempunyai skuat cukup besar untuk menanganinya,” katanya secara eksklusif kepada Goal.

“Para pemain di fase musim saat ini sudah cukup fit, mereka tak perlu melakukan banyak latihan. Saya pikir latihan hanya akan menjadi gestur baik saja dan mereka hanya akan fokus pada pertandingan sekarang, bermain Sabtu-Rabu-Sabtu-Rabu atau kapan pun itu dan hanya menjalani laga dan semoga mereka dapat merangkai performa bagus dan memenangi laga-laga.”

Paul Scholes Enterprise

Kenyang pengalaman semasa aktif merumput, pria 42 tahun ini menegaskan periode antara sekarang dan akhir musim bakal krusial untuk menentukan bisa tidaknya tim menyabet prestasi.

“Setiap laga di titik ini pada sebuah musim amatlah penting karena ini merupakan masa tersibuk, dan inilah di mana Anda memenangi trofi-trofi Anda: dari Februari sampai Mei. Ini adalah periode paling genting, dan Anda hanya melakoni laga demi laga. Apakah itu laga di Piala FA atau Piala Liga atau Liga Europa, itu tidak penting, Anda ingin memenangi semua pertandingan,” urai Scholes.

Meski tak memungkiri ada beberapa kandidat lain yang berpeluang mengangkat trofi Liga Europa dalam final di Solna, 24 Mei mendatang, Scholes tetap memandang United sebagai favorit terkuat.

JADWAL 32 BESAR LIGA EUROPA

Sejak 2014/15, kampiun Liga Europa berhak mendapat jatah untuk berpartisipasi di Liga Champions musim berikutnya, namun Scholes berkeyakinan United juga dapat meraihnya melalui  jalur liga dengan finis di empat besar.

“Menurut saya Roma mungkin adalah tim besar lain di kompetisi ini, mereka tim bagus. Ada beberapa tim Spanyol juga dalam persaingan, Celta Vigo dan Athletic Bilbao. Bilbao selalu merupakan tim bagus, tetapi saya rasa United kapabel mengalahkan tim-tim ini dan meraih prestasi terbaik.”

“Dengan liga tidak terlihat pasti, meski saya pikir mereka akan finis di empat besar, ini [juara Liga Europa] merupakan kesempatan luar biasa untuk masuk ke Liga Champions. Liga Europa telah menjadi kompetisi besar murni karena status Liga Champions yang dimilikinya untuk sang juara. Tetapi saya pikir ini [kelolosan ke UCL] tak akan tergantung pada hal itu, saya pikir United akan mampu finis di empat besar, tetapi ini [gelar Liga Europa] adalah sesuatu yang diharapkan. Pada akhirnya menyenangkan juga untuk memenangi trofi.”

Paul Scholes Manchester United

Bursa taruhan sepakat dengan Scholes, menjadikan United favorit untuk menjuarai Liga Europa. Anggota Class of ’92 ini merasa predikat tersebut telah terjustifikasi dengan performa The Red Devils sejauh ini.

“Saya pikir saat mereka menjadi favorit pada awal musim itu mungkin berkaitan dengan nama besar klub, tetapi sekarang saya pikir ada keyakinan murni bahwa mereka dapat memenanginya bukan hanya karena tim-tim yang tersisa di kompetisi tetapi karena cara mereka berperforma belakangan ini: mereka tampak seperti sebuah tim yang mampu mencetak gol, seperti sebuah tim yang mampu mengalahkan mayoritas tim lain, terutama tim-tim yang tersisa di Liga Europa.”

“Skuat sekarang masif dan skuat besar tersebut akan diperlukan karena mereka akan memiliki banyak sekali pertandingan dengan laga-laga liga, mereka juga memiliki final di Piala Liga yang akan dimainkan dalam beberapa pekan, dan bila mereka bertahan di Piala FA mereka juga akan memiliki laga-laga Piala FA, jadi akan ada banyak pertandingan setiap pekan. Tetapi saya pikir itulah mengapa mereka menghabiskan begitu banyak uang, yaitu untuk memiliki skuat yang kapabel berurusan dengan itu,” pungkasnya.

Enterprise Rent-A-Car adalah mitra resmi Liga Europa UEFA. Sebagai fan sepakbola, kunjungi http://www.enterprise.com untuk menikmati tarif spesial sewa mobil di seluruh Eropa.