Duel Bali United FC & Pusamania Borneo FC Berakhir Tanpa Gol

Hasil imbang membuat perebutan tiket perempat-final dari Grup 4 tetap sengit hingga laga pamungkas.


OLEH   DONNY AFRONI


Persaingan memperebutkan tiket perempat-final di Grup 4 Piala Presiden 2017 makin sengit setelah Bali United FC dan Pusamania Borneo FC harus puas bermain imbang tanpa gol di matchday kedua, Senin (13/2) malam WIB, di Stadion Dipta Gianyar.

Raihan satu angka ini membuat Bali United dan Pusamania mengumpulkan nilai dua, terpaut dua poin dari Sriwijaya FC yang memuncaki klasemen sementara Grup 4. Sedangkan Barito Putera menempati posis juru kunci dengan nilai satu.

Babak pertama

Bali United memainkan striker blasteran Irfan Bachdim dan rekrutan anyar Ndumba Makeche yang sebelumnya absen akibat terkendala kebugaran. Sedangkan Pusamania tetap mengandalkan pemain muda di bawah komando Asri Akbar.

Tampil di hadapan pendukungnya, Bali United memeragakan permainan agresif untuk menekan pertahanan Pusamania. Serdadu Tridatu nyaris membuka keunggulan ketika laga berjalan lima menit, tapi sundulan Ahn Byung Keon menyambut tendangan bebas Bachdim masih bisa ditepis kiper Wawan Hendrawan.

SIMAK JUGA: Striker Asing PBFC Ambisi Bobol Gawang Bali United

Di lain sisi, Pusamania tidak mau kalah agresif dari tuan rumah. Selang lima menit kemudian, mereka menebarkan ancaman di pertahanan Bali United. Namun tendangan Abdul Aziz masih melenceng tipis di sisi kanan gawang I Made Wardhana.

Selepas itu, serangan silih berganti dilakukan Bali United dan Pusamania guna membuka keunggulan. Namun penyelesaian akhir yang buruk, serta terburu-buru membuat mereka tidak memberikan ancaman berarti bagi kedua tim.

Peluang diperoleh Bali United pada menit ke-33. Tendangan bebas Yabes Roni disambut sundulan bek Abdul Rahman, namun bola masih melayang di atas mistar. Skor imbang tanpa gol ini akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Permainan terbuka Bali United dan Pusamania tidak mengalami perubahan di babak kedua menekan pertahanan lawan masing-masing. Mereka berusaha memecah kebuntuan sepanjang paruh pertama.

Serangan yang dibangun Bali United menemui jalan buntu akibat solidnya barisan pertahanan Pusamania. Di lain sisi, serangan Pusamania beberapa kali kandas, karena pemain terlambat naik ke lini belakang Bali United.

SIMAK JUGA: ‘Winger’ Bali United Optimistis Bisa Redam PBFC

Hujan yang turun semakin deras di Stadion Dipta selepas laga berjalan satu jam membuat permainan kedua tim sulit berkembang. Peluang diperoleh Bali United pada menit ke-72. Namun sontekan Makeche menyambut umpan silang masih bisa diadang Dirkir Khon Glay sedikit di depan garis gawang.

Stadion Dipta sempat bergemuruh ketika sundulan I Made Wirahadi membobol gawang Wawan pada menit ke-75, tapi dianulir wasit, karena menganggap striker Bali United ini berada dalam posisi off-side.

Menjelang pertandingan berakhir, Bali United memberikan tekanan hebat ke pertahanan Pusamania, serta mendapat peluang melalui Ahn Byung Keon, Abdul Rahman, dan Makeche. Kendati demikian, serangan itu tidak berhasil membuahkan gol, sehingga laga ditutup dengan skor imbang tanpa gol.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Bali United: I Made Wadhana; Dias Angga, Ahn Byung Keon, Abdul Rahman, Ricky Fajrin, Fadhil Sausu, Marcos Flores, Samsul Pellu, Ndumba Makeche, Irfan Bachdim, Yabes Roni.

Pusamania: Wawan Hendrawan; Rizky Syawaluddin, Dirkir Kohn Glay, Kunishiro Yamasita, Saldi, Nizar Azhari, Wahyudi Hamisi, Asri Akbar, Abdul Aziz, Fandi Achmad, Reinaldo Elias.