Disanksi Dua Laga, Luis Suarez Absen Di Final Copa Del Rey

Namun, Blaugrana menegaskan akan mengajukan banding setelah Suarez mendapat suspensi dua pertandingan menyusul kartu merah yang didapat melawan Atletico.


OLEH  DEWI AGRENIAWATI


Barcelona tanpa diperkuat Luis Suarez di final Copa del Rey melawan Alaves pada 27 Mei mendatang setelah banding kartu kuning kedua sang penyerang di pertandingan melawan Atletico Madrid pada Selasa lalu ditolak. 

Tak hanya itu, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) juga memberikan sanksi dua pertandingan kepada Suarez lantaran sikap tidak sportif usai diusir wasit di menit terakhir pertandingan yang dimenangkan Blaugrana dengan agregat 3-2 dari dua pertandingan semi-final. 

Menurut laporan wasit Jesus Gil Manzano, Suarez mendapat kartu kuning kedua usai menyikut Koke dengan sengaja, sementara kartu peringatan pertama didapatlantaran melakukan pelanggaran terhadap Juanfran. 

SIMAK JUGA: Madrid Keberatan Gelar Final CdR Di Bernabeu

Sikap Suarez setelah diusir wasit inilah yang membuahkan satu sanksi tambahan. Gil Manzano menulis Suarez mengulur waktu saat meninggalkan lapangan, berkali-kali mengabaikan peringatan ofisial pertandingan, dan kemudian tidak meninggalkan area teknik Blaugrana setelah mendapat kartu merah. 

Untuk itu, mantan penyerang Liverpool ini tak hanya absen di final, tapi juga untuk laga pertama copa musim depan. Suarez juga mendapat denda total €1.200.

Namun, Barca mengonfirmasi akan membawa kasus ini ke Komite Banding RFEF, dengan mengatakan: “Argumen banding ini berdasarkan fakta bahwa pemain Blaugrana tersebut tidak membuat kontak terhadap pemain lawan dengan sengaja, sebagaimana yang disebutkan dalam laporan wasit.” 

Sementara itu, kartu kuning Sergio Busquets karena menendang bola keluar — ketika ada dua bola di lapangan — dicabut.