Agen: Mesut Ozil Dijadikan Kambing Hitam

Di laga ini orang biasanya menargetkan pemain yang berharga mahal dan menghasilkan banyak uang sebagai kambing hitam, menurut agen Ozil.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Agen Mesut Ozil mengungkapkan kekecewan setelah kliennya ia anggap dijadikan kambing hitam atas keterpurukan Arsenal belakangan ini. 

The Gunners remuk di tangan Bayern Munich dengan menyerah 5-1 di Allianz Arena pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (16/2) dini hari WIB. Manajer Arsene Wenger mengaku hal itu menjadi mimpi buruk timnya setelah kebobolan tiga gol dalam kurun sepuluh menit di babak kedua. 

Playmaker Jerman Ozil tidak luput dari kritik karena gagal menyuguhkan performa impresif, namun penasihat sekaligus pengacara pemain 28 tahun tersebut, Dr Erkut Sogut, mengatakan kliennya diperlakukan tidak adil. 

SIMAK JUGA: Bayern Bantai Arsenal

“Kritik wajar terjadi jika seorang pemain main buruk, tapi Mesut merasa orang tidak fokus pada penampilannya; mereka memanfaatkan dia sebagai kambing hitam tim setelah hasil buruk,” kata Dr Sogut kepada BBC Sport. 

“Bayern menguasai 74 persen permainan. Bagaiamana orang di posisi No.10 bisa menciptakan peluang jika Anda tidak menguasai bola? Di laga ini orang biasanya menargetkan pemain yang berharga mahal dan menghasilkan banyak uang — dialah Mesut. Tapi ia tidak bisa selalu dijadikan kambing hitam. Itu tidak adil. 

“Sepakbola adalah olahraga tim dan Arsenal tidak tampil bagus sebagai tim. Ada 11 pemain di lapangan, tapi Mesut yang mendapat kritik. Apakah ia alasan Arsenal kebobolan lima gol? 

“Ini bahkan dimulai sebelum laga, sepanjang pekan sebelum pertandingan. Orang mulai mendiskusikan: ‘Apakah ia harus main? Apakah ia harus dicadangkan?’ Seolah-olah semua orang tahu Arsenal tidak akan lolos dan kita butuh kambing hitam. Ini tidak benar. Anda menang sebagai tim dan kalah sebagai tim.”