AFC Berikan Suntikan Dana Rp8 Miliar Buat PSSI

Dana tersebut dibagi ke dalam tiga golongan yang masing-masing beda nominalnya.


OLEH  MUHAMMAD RIDWAN


Indonesia mendapatkan suntikan dana sebesar 600 ribu dolar AS atau sekitar Rp8 miliar dari AFC. Bantuan tersebut dibagi ke dalam tiga golongan yang nantinya harus diaudit lalu dilaportkan secara bertahap kepada federasi sepakbola Asia tersebut.

Kepastian adanya suntikan dana ini disampaikan langsung oleh sekjen AFC, Dato Windsor Jhon. Menurutnya, bantuan tersebut terdiri mulai dari pembangunan infrastruktur sepakbola nasional, kemudian membeli sejumlah peralatan buat timnas Indonesia, serta menggaji karyawan PSSI.

SIMAK JUGA: Indonesia Jadi Prioritas Utama Program AFC

“Pertama, kami berikan bantuan tunai 250 ribu dolar AS untuk PSSI membayar gaji staf, operasional kantor, kursus pelatih, dan lain-lain. Lalu kedua, 300 ribu dolar AS untuk infrastruktur seperti lapangan-lapangan kecil buat latihan,” kata Dato Windsor di kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Selasa (7/2). 

“Untuk yang 300 ribu dolar uang akan langsung kami transfer kepada pihak-pihak yang mengerjakan lapangan. Dan 50 ribu dolar AS untuk peralatan yang membantu sepakbola. Contohnya adalah peralatan medis untuk timnas, bisa juga bola, jersey. Untuk yang ini bertahap,” ia menambahkan.

SIMAK JUGA: Bukan Uang, PSSI Minta Ini Ke Calon Dewan FIFA

Selain itu, Dato Windsor menyebutkan akan membantu pengurus PSSI periode 2016-2020 untuk menggapai prestasi di kancah internasional. Ini merupakan hasil kesepakatan yang terjadi ketika AFC melakukan pertemuan dengan PSSI di Tanah Air.

“Kami akan bersama sama dengan PSSI dalan perjalanan baru ini. Kami akan membantu Indonesia untuk mencapai tingkat yang tinggi,” ujarnya.