17 Pemain Veteran yang Masih Belum Berniat Pensiun

Ketika seorang pesepakbola memasuki usia kepala tiga, mereka biasanya sudah mulai berpikir kapan mereka harus gantung sepatu dari sepak bola. Namun untuk beberapa pemain, ide untuk meninggalkan bermain sepak bola tidak pernah ada di benak mereka.

Untuk pemain-pemain berikut, mereka sepertinya belum rela melepaskan segalanya dan pensiun dari sepak bola, dan sepertinya mereka akan terus bermain sepak bola sampai tubuhnya tidak mampu lagi.

Berikut 17 pesepakbola yang meskipun usianya yang tidak muda lagi, masih belum juga berniat untuk pensiun.


1. Diego Forlan

l

Berhasil memenangkan penghargaan sepatu emas Eropa dua kali, dinobatkan pemain terbaik dari Piala Dunia 2010, dan meraih banyak trofi dalam 20 tahun, sepertinya semua itu masih belum cukup bagi Diego Forlan untuk memutuskan pensiun. Pemain asal Uruguay itu kini memperkuat tim asal India, Mumbai City.


2. Steed Malbranque

w

Mantan pemain Timnas Prancis, Steed Malbranque sempat memperkuat tim seperti Lyon, Tottenham, dan Fulham. Namun sepertinya di usianya yang mencapai 37 tahun, ia kini masih memberikan kontribusinya untuk tim asal Prancis, Caen.


3. Claudio Pizzaro

l

Claudio Pizzaro tercatat sebagai pemain asing dengan gol terbanyak sepanjang sejarah Bundesliga dan nomor kelima apabila termasuk pemain lokal. Namun pemain yang kini masih memperkuat skuat Werder Bremen sepertinya belum puas dengan kariernya untuk pensiun begitu saja.


4. Ricardo Carvalho

l

Sempat disebut-sebut bek terbaik Eropa saat masih memperkuat Real Madrid dan Chelsea, banyak yang mengira pemain yang memang namanya jarang terdengar ini sudah pensiun. Namun menjelang usia 40 tahun, pemain berkebangsaan Portugal ini masih bermain untuk klub Tiongkok, Shanghai SIPG.


5. Ze Roberto

p

Tidak hanya eks pemain Timnas Brasil berusia 41 tahun ini masih bermain di klub divisi utama di negara kelahirannya, namun eks pemain Bayern Munchen ini juga baru-baru ini berhasil mengangkat trofi Camponato Brasileiro.


6. Tomas Rosicky

d

Saat Tomas Rosicky meninggalkan Arsenal di akhir musim lalu, mungkin beberapa orang berpikir sudah saatnya pemain berusia 36 tahun ini gantung sepatu. Namun nyatanya tidak begitu, pemain asal Republik Ceska ini kembali ke klub yang mengembangkannya, Sparta Praha dan masih bermain hingga saat ini.


7. Alexander Hleb

Partizan Belgrade v BATE - UEFA Champions League: Qualifying Round Play Off Second Leg

Hampir sama ceritanya dengan Rosicky, mantan pemain Arsenal dan Barcelona ini pulang ke klub yang membesarkannya, yakni tim raksasa Belarusia BATE Borisov. Sejak meninggalkan Barcelona gelandang berusia 35 tahun ini sempat bermain di beberapa klub Eropa Timur.


8. Gianluigi Buffon

g

Kiper terbaik sepanjang masa? Tentunya ini merupakan argumen yang kuat. Di usianya yang kini menginjak 39 tahun, bahwa kemampuannya melebihi banyak kiper yang jauh lebih muda, dan hingga saat ini masih membantu The Old Lady mendominasi sepakbola Italia dan Eropa.


9. Peter Crouch

Sunderland v Stoke City - Premier League

Striker bongsor ini mulai kembali membuktikan dirinya untuk Stoke City setelah sebelumnya sempat lengket ke bangku cadangan. Bahkan baru-baru ini eks pemain Liverpool dan Tottenham ini menjadi pemain terbaru yang mencatatkan 100 gol di Premier League.


10. Martin Demichelis

d

Bek berkebangsaan Argentina, Martin Demichelis terakhir kali dilihat pecinta sepak bola Inggris adalah saat ia memperkuat Manchester City. Bisa dibilang tidak bermain buruk saat memperkuat The Citizens, pemain berusia 36 tahun ini pun masih ingin mencoba membuktikan dirinya di Spanyol bersama Malaga.


11. Dirk Kuyt

d

Pemain yang tentunya akan selalu dikenang oleh para fans Liverpool.Pemain veteran asal Belanda ini masih menjadi kapten dan sekaligus pemain kunci Feyenoord dengan mencetak total 33 gol di seluruh kompetisi sejak bergabung dari Fenerbahce.


12. Wes Brown

u

Sebenarnya, pantas-pantas saja bagi Wes Brown untuk pensiun saat pertama kali meninggalkan Manchester United, mengingat ia sudah meraih segalanya dari segi trofi bersama Sir Alex Ferguson. Namun pemain yang juga lama memperkuat Sunderland ini malah pindah ke klub baru, Blackburn Rovers dan mencetak gol di debutnya di usianya yang mencapai 37 tahun.


13. Tim Cahill

d

Legenda sepakbola Australia seperti tidak tahu caranya berhenti mencetak gol. Meskipun berusia 37 tahun ini, ia masih terus-terusan mencetak gol untuk klub Melbourne City. Pemain yang lebih dikenal saat bermain untuk Everton juga sempat mencicipi bermain di Amerika dan Tiongkok.


14. Shay Given

Arsenaly

Sulit dipercaya bahwa Shay Given adalah bagian dari skuat Blackburn yang memenangkan Premier League di musim 1994/95. Di usianya yang kini mencapai 40 tahun, pemain asal Republik Irlandia ini masih memperkuat tim Premier League, Stoke City.


15, Eidur Gudjohnsen

s

Salah satu pemain paling populer, ia masih belum rela menggantungkan separunya dan bahkan mewakili negaranya, Islandia di turnamen Euro 2016 lalu. Meskipun kini telah pensiun dari Timnasnya, ia kini masih bermain untuk klub asal India, Pune City.


16. Fransesco Totti

FBL-EUR-C3-AS-ROMA-VILLAREAL

Daftar ini tidak lengkap tanpa menyebut nama legenda sepakbola Italia dan AS Roma, Fransesco Totti. Legenda sepakbola modern ini tidak pernah meninggalkan ibu kota Italia ini di usia yang sudah menginjak 40 tahun dan juga sepertinya masih belum berencana meninggalkan sepak bola.


17. Cristian Gonzáles

e

Yang satu ini untuk pecinta sepak bola Nasional. Pemain kelahiran Montevideo, Uruguay yang juga memegang paspor Indonesia ini sudah menginjak usia kepala empat, namun masih kuat membela tim Arema Cronus. Sepupu dengan Balla Nugraha dan sempat bermain dengan Alvaro Recoba, pemain berusia 40 tahun ini sempat empat kali menjadi top skor Liga Indonesia.