11 Pasang Pemain yang Tak Anda Sangka Punya Hubungan Saudara

Hubungan saudara dalam dunia sepak bola sepertinya bukan hal yang asing lagi. Tak sedikit kakak-beradik yang memiliki profesi sama, bahkan ada diantara mereka yang bermain untuk klub yang sama.

Sebut saja Jack dan Sir Bobby Charlton, Garry dan Phil Neville, Yaya dan Kolo Toure atau Eden dan Thorgan Hazard yang pernah bermain dalam satu klub, Chelsea.

Namun ternyata, selain nama-nama di atas, masih banyak pesepakbola lain yang juga memiliki hubungan saudara. Tak hanya kakak-beradik, ada pula hubungan paman dan keponakan, hingga kakak atau adik ipar.

Siapa sajakah mereka? Berikut adalah 11 pemain yang ternyata memiliki hubungan saudara.

11. Emir Spahic dan Edin Dzeko

Bosnia's team captain Emir Spahic (L) an

Striker AS Roma, Edin Dzeko, ternyata juga memiliki hubungan saudara dengan pemilik caps terbanyak di tim nasional Bosnia Herzegovina, Emir Spahic. Dzeko dan Spahic adalah saudara sepupu.

Dzeko dan Spahic juga sama-sama menjadi pemain penting bagi Tim Nasional negaranya.

Kedua pemain ini pun menjadi sosok vital di balik keberhasilan Bosnia lolos kualifikasi Piala Dunia 2014.

10. Joel – Marvin Matip ( Kakak-Beradik) dan Joseph Desire Job (Sepupu)

FBL-GER-BUNDESLIGA-SCHALKE-INGOLSTADT

Bek Liverpool, Joel Matip, ternyata juga memilki saudara laki-laki yang juga berkarier sebagai pesepakbola, Marvin Matip.

Berbeda dengan Joel Matip yang berposisi sebegai seorang bek, sang kakak justru berposisi sebagai seorang pengatur serangan atau gelandang.

Matip bersaudara juga ternyata masih memiliki hubungan saudara sepupu dengan legenda Middlesbrough, yang kini telah memutuskan untuk gantung sepatu, Joseph Desire Job.

9. Lomana – Kazenga LuaLua dan Yannick Bolasie (Sepupu)

Yannick Bolasie & Lomana LuaLua

Eks striker Portsmouth, Lomana Lualua memang dikenal memiliki saudara laki-laki yang juga berprofesi sebagai pemain sepakbola, yaitu Kazenga LuaLua yang kini sedang menjalani masa peminjaman bersama Queens Park Rangers.

Lomana Lualua sendiri kini berusia 36 tahun dan tengah membela klub asal Turki, Sanliurfaspor.

Namun ternyata keluarga mereka merupakan keluarga yang sudah akrab dengan sepak bola. Sebagai tambahan informasi, Lomana dan Kazenga Lualua ternyata masih memiliki hubungan sepupu dengan winger andalan Everton, Yannick Bolasie.

8. Seydou Keita dan Mohamed Sissoko (Sepupu)

Sissoko & Keita

Eks pemain Juventus dan Liverpool, Mohamed Sisoko, juga memiliki saudara yang berkarier di dunia sepak bola. Ternyata ia dan eks pemain Barcelona, Seydou Keita, adalah saudara sepupu.

Tak heran, sepertinya keluarga kedua pemain ini memang sudah akrab dengan dunia sepak bola. Sebagai tambahan informasi, paman mereka, Selif Keita juga berkarier pemain sepak bola di tahun 1963 hingga 1980. Ia pun berhasil mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Afrika di tahun 1970.

Kini di musim 2016/17, Seydou Keita tengah bermain bersama klub asal Qatar, El Jaish, sedangkan Mohamed Sissoko memilih bermain di India bersama Pune City.

7. Scott Parker dan Harry Arter (Saudara Ipar)

Harry Arter

Eks gelandang Tottenham Hotspur, Scott Parker, juga teryata memiliki hubungan saudara dengan gelandang andalan Bournemouth, Harry Arter.

Namun hubungan di antara keduanya bukanlah bukan kakak beradik, mereka menjadi saudara karena Scott Parker menikah dengan adik perempuan Harry, Carly Arter.

Pria yang juga memperkuat Chelsea ini telah menikah dengan Carly Arter dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

6. Marek Hamsik dan Walter Gargano (Saudara Ipar)

FBL-ITA-SERIEA-CESENA-NAPOLI

Gelandang Napoli, Marek Hamsik juga memilki hubungan saudara dengan gelandang bertahan Monterrey, Walter Gargano.

Mereka pun pernah menjadi rekan setim saat Gargano bermain bersama Napoli selama delapan musim di tahun 2007 hingga 2015.

Hamsik dan Gargano menjadi saudara ipar saat pemain asal Uruguay itu menikahi adik perempuan Hamsik, Michaela, di tahun 2012.

5. McDonald Mariga dan Victor Wanyama (Kakak-Beradik)

Wanyama & Mariga

Jika kita membicarakan pesepakbola asal Kenya, maka kita tak boleh melewatkan kakak beradik ini, McDonald Mariga dan Victor Mariga.

Nama McDonald Mariga menjadi perhatian publik saat dirinya menjadi pemain Kenya pertama yang berhasil memenangkan Champions League bersama Inter Milan di tahun 2010. Mariga pun ternyata memilki saudara laki-laki yang juga berprofesi sebagai pesepakbola, yaitu Victor Wanyama.

Tak kalah dengan kakaknya, Wanyama pun kini menjadi salah satu pemain yang sangat diandalkan di Tottenham Hotspur.

Hingga pekan ke 25 Premier League, Wanyama selalu menjadi pilihan utama Mauricio Pochettino dan tak pernah absen di satu pertandingan pun. Ia juga telah mencetak dua gol bagi The Lilywhites.

4. Patrick Van Aanholt dan Leroy Fer (Sepupu)

Fer & Van Aanholt

Dua andalan Tim Nasional Belanda, Leroy Fer dan Patrick van Aanholt ternyata memiliki hubungan saudara. Keduanya adalah saudara sepupu.

Namun meskipun saudara sepupu, kedua pemain ini memulai karier dengan klub yang berbeda, Van Aanholt lebih memilih memulai karier bersama PSV Eindhoven, sedangkan Fer memulai kariernya bersama Feyenoord.

Kini keduanya pun sama-sama bermain di kompetisi Premier League. Fer bermain bersama Swansea City, sedangkan van Aanholt memilih memperkuat Crystal Palace.

3. Jay-Jay Okocha dan Alex Iwobi (Paman dan Keponakan)

Jay Jay Okocha & Iwobi

Gelandang Arsenal, Alex Iwobi, ternyata masih bersaudara dengan pemain senior Nigeria, Jay-Jay Okocha. Iwobi adalah keponakan dari pria yang kini berusia 43 tahun itu.

Posisi bermain Iwobi dan Okocha juga memiliki kesamaan. Keduanya bermain sebagai gelandang. Menarik untuk melihat perkembangan karier Iwobi, terlebih dengan usianya yang baru menginjak 20 tahun, masih banyak potensi yang dimiliki oleh dirinya.

Bukan tidak mungkin dirinya akan meraih kesuksesan sama seperti Jay-Jay Okocha.

2. Thiago – Rafinha Alcantara (Kakak Beradik) dan Rodrigo Moreno (Sepupu)

FBL-EUR-C1-BARCELONA-BAYERN

Buah tak akan jatuh jauh dari pohonnya. Peribahasa ini sangat cocok bagi Thiago dan Rafinha Alcantara, maklum bakat sepakbola keduanya sudah pasti menurun dari ayah mereka, Mazinho.

Rafinha dan Thiago memulai karier sepakbola mereka bersama akademi sepak bola Barcelona, La Masia pada tahun 2006. Kakak bersdik ini juga pernah bermain bersama skuat utama Barcelona pada tahun 2008 hingga 2013.

Rafinha saat ini masih setia bersama Blaugrana, sedangkan Thiago kini bermain bersama raksasa Bundesliga, Bayern Munchen.

Rafinha dan Thiago pun ternyata masih memiliki hubungan saudara dengan winger Valencia, Rodrigo Moreno. Ketiga pemain ini adalah saudara sepupu.

1. James Rodriguez – David Ospina (Saudara Ipar)

FBL-COPAM2016-PER-COL

Pemain andalan Real Madrid, James Rodriguez ternyata juga memiliki saudara yang berprofesi sebagai pemain sepak bola. James adalah adik ipar dari kiper Arsenal, David Ospina.

Kedua pemain ini menjadi saudara setelah James menikahi adik perempuan David, Daniella Ospina di tahun 2011.