10 Golden Goal Dramatis yang Akan Selalu Dikenang

Golden goal pertama kali diperkenalkan oleh FIFA pada tahun 1993 sebagai sebutan untuk peraturan ‘sudden death‘. Jika kedua kesebelasan bermain imbang pada sebuah pertandingan, maka pertandingan akan dilanjutkan di babak perpanjangan waktu. Dan siapapun tim yang mencetak gol pada babak perpanjangan waktu, maka tim tersebut yang akan memenangkan pertandingan dan pertandingan akan berakhir.

Kompetisi sepak bola level internasional yang pertama kali menggunakan aturan ini adalah Piala Eropa 1996 dan Piala Dunia 2002 menjadi kompetisi terakhir yang menggunakan aturan itu. Lantas selama perjalanannya, gol emas sering menghadirkan momen-momen yang tak terlupakan.

1. Jerman vs Republik Cheska (Final Euro 1996)

Pertandingan ini berlangsung begitu sengit. Dua tim terbaik di Eropa kala itu, Jerman dan Cheska, beradu untuk memperebutkan gelar Euro 1996 yang berlangsung di Inggris. Laga memanas ketika pada menit ke-59 Cheska berhasil unggul terlebih dahulu melalui sepakan penalti Patrik Berger. Tak lama, Jerman berhasil membelas melalui pemain pengganti, Olivier Bierhoff, pada menit ke-77. Laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Baru lima menit babak perpanjangan waktu digelar, Bierhoff kembali berhasil mencetak gol. Ia berputar melewati bek Cheska, Miroslav Kadlec dan melepaskan tendangan keras ke tiang jauh gawang Cheska. Jerman pun menang dan berhasil meraih gelar Euro ketiganya.

Yang menjadi kontroversi pada gol emas itu adalah asisten wasit asal Italia, Donato Nicoletti, menganggap gol tersebut tidak sah karena pemain depan Jerman, Stefan Kuntz terjebak dalam posisi offside. Namun keputusan Donato tak senada dengan keputusan wasit Pierluigi Pairetto yang justru mengesahkan gol Bierhoff.

Embedded
video for 10 Golden Goal Dramatis yang Akan Selalu Dikenang 

2. Prancis vs Paraguay (16 besar Piala Dunia 1998)

Laga ini jelas merupakan laga yang mengejutkan. Kala itu, sang tuan rumah yang berstatus unggulan, Prancis, mampu ditahan imbang tanpa gol selama 90 menit oleh tim kuda hitam, Paraguay. Kiper Paraguay, Jose Luis Chilavert, kala itu memimpin timya untuk tampil ngotot dan berhasil membuat Prancis frustrasi sepanjang 90 menit.

Namun sayangnya petaka menimpa Chilavert dan kawan-kawan pada menit ke-113, ketika umpan lambung Robert Pires berhasil di sundul pelan oleh David Trezeguet. Sundulan itu tidak mengarah ke gawang namun justru ke kaki Laurent Blanc yang ada di sebelahnya. Blanc langsung menyambar sundulan itu dengan tendangan voli keras yang mampu membobol gawang Chilavert. Prancis pun menang berkat gol emas pertama sepanjang sejarah Piala Dunia ini.

Embedded
video for 10 Golden Goal Dramatis yang Akan Selalu Dikenang