[TOP 5] Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris Di Era Premier League

Gol menjadi faktor penentu kemenangan tim dalam setiap pertandingan. Dan itu tetap menjadi salah satu alasan terbesar mengapa striker kerap menjadi berita utama. Tapi ada banyak usaha yang terjadi di balik terjadinya sebuah gol, dan peran pemain pemberi assist juga tak kalah pentingnya bagi sebuah tim. Berikut adalah lima pemain dengan torehan assist terbanyak di sepanjang sejarah kompetisi Premier League.

5. Dennis Bergkamp – 94

Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris dennis bergkamp espn
Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris: Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp adalah salah satu pemain paling elegan yang mengibarkan namanya di sepak bola Inggris. Satu-satunya anggota skuat Invincible yang tidak didatangkan oleh Arsene Wenger, namun Bergkamp adalah salah satu sosok terpenting di tim era Wenger.

Dia dan Henry memiliki hubungan seperti telepati dan bersama-sama mereka merobek pertahanan lawan dengan kualitas teknik yang brilian. Dia memiliki sentuhan pertama yang sangat baik dan itu didukung dengan akurasi tendangannya yang di atas rata-rata.

Ketenangannya membuatnya mendapatkan julukan ‘The Iceman’. Dia bisa bermain sebagai second striker atau bahkan sebagai pemain No 10 atau playmaker. Bergkamp adalah produk dari akademi Ajax yang terkenal , meskipun banyak penggemar yakin Thierry Henry adalah pemain terbaik yang pernah memperkuat Arsenal, Bergkamp berada tak jauh darinya di peringkat kedua.

 

3. Cesc Fabregas – 101

Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris cesc fabregas daily mail
Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris: Cesc Fabregas

Cesc Fabregas adalah salah satu pemain paling kontroversial di Premier League era kita tapi tidak ada yang menyangkal bakatnya. Ia diberi kesempatan menjalani debut di Arsenal oleh Wenger pada usia 16 tahun. Setelah itu ia terus berkembang dan menjadi kapten The Gunners di masa puncaknya.

Gelandang asal Spanyol itu lantas memaksa pindah ke Barcelona dengan menolak untuk berlatih, tetapi kariernya tidak berjalan dengan baik di Spanyol. Ia kembali ke Inggris dalam sebuah transfer kontroversial ke pesaing Arsenal, yaitu Chelsea dan memenangkan gelar Premier League pertamanya dengan klub itu.

Aset terkuat Fabregas adalah kemampuannya untuk memberikan umpan sempurna dalam peran sebagai deep playmaker. Dia melakukannya berkali-kali untuk Chelsea di musim pertamanya dengan Diego Costa menjadi pemain yang paling diuntungkan dengan umpannya. Meskipun ia mendapat waktu bermain yang terbatas musim ini, ia masih bisa mengungguli pemain yang menempati posisi kedua di daftar ini.

 

3. Wayne Rooney – 101

Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris wayne rooney mirror
Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris: Wayne Rooney

Wayne Rooney baru-baru ini menyusul Bergkamp dengan mencapai 100 assist dan sekarang ia bertujuan untuk menjadi pemberi assist terbanyak sepanjang masa di Premier League. Tapi dia masih harus berjuang keras untuk meraih prestasi itu. Tapi 101 assist masih merupakan catatan yang sangat mengesankan untuk sang kapten Manchester United.

Rooney bisa dibilang sebagai pemain paling serbaguna di Manchester United di lini serang mereka dan ia juga merupakan salah satu pemain paling berpengalaman di timnya. Dengan golnya baru-baru ini ke gawang Stoke City, ia menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Manchester United.

Dia mulai menaikkan namanya saat berusia 18 tahun dan bermain untuk Everton. Saat ia pindah ke Manchester United, Rooney adalah remaja paling mahal dalam sejarah sepak bola. Meskipun ia belum tampil terlalu baik di musim lalu, pada musim ini ia berperan penting bagi Manchester United dengan kepemimpinan dan pengalamannya di tim Jose Mourinho.

 

2. Frank Lampard – 102

Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris frank lampard chelsea
Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris: Frank Lampard

Frank Lampard adalah salah satu gelandang paling konsisten Premier League. Dia bisa memberikan dampak signifikan kepada tim dengan kemampuannya memberi assist dan mencetak gol.

Ada fase ketika ia mencetak rata-rata 20 gol dan juga setidaknya memberikan 13-15 assist per musim untuk timnya. Pemain seperti Steven Gerrard dan Wayne Rooney biasanya mengumpulkan perhatian lebih banyak dari Lampard di media tapi kontribusinya untuk timnya juga luar biasa.

Dia juga memiliki kehormatan dengan menjadi pencetak gol terbanyak Chelsea. Tidak banyak gelandang yang dapat mencapai prestasi serupa. Bersama The Blues, Lampard memenangkan 3 gelar Premier League, serta mengangkat trofi Champions League dan Europa League.

 

1. Ryan Giggs – 162

Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris ryan giggs manchester united
Raja Assist Sepanjang Sejarah Liga Inggris: Ryan Giggs

Pemain dengan assist terbanyak di Premier League hingga sekarang adalah Ryan Giggs. Legenda asal Wales ini telah memiliki karier yang luar biasa dan pantas berada di puncak daftar ini. Sebagai pemain yang sangat loyal, Giggs mewakili Manchester United sejak tahun 1992 hingga 2014.

Giggs adalah lulusan akademi Manchester United yang terkenal  bersama dengan Paul Scholes, Gary Neville, Phil Neville, David Beckham dan Nicky Butt. Sekelompok bintang yang muncul bersamaan itu sekarang dikenal dengan sebutan Class of 92’.

Dia dan Scholes adalah lulusan Class of 92′ yang paling sukses di Manchester United dan ia bermain bersama sampai Scholes memutuskan pensiun pada tahun 2013. Ryan Giggs juga memegang rekor untuk jumlah penampilan paling banyak di Premier League dengan 632 penampilan.

Dia telah memenangkan 13 gelar Premier League dan dua Liga Champions di sepanjang kariernya dan Manchester United tentunya kesulitan untuk mendapatkan pemain sayap pengganti yang sepadan dengan sang legenda. (Sumber: Sportskeeda)