Thierry Henry Dukung Penerapan Teknologi Di Sepakbola

Henry menilai penerapan teknologi di sepakbola bisa berdampak dalam persaingan menuju juara, terlebih di Liga Primer Inggris.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Legenda Arsenal Thierry Henry mendukung wacana untuk menerapkan teknologi di sepakbola, terlebih di kompetisi seketat Liga Primer Inggris.

Mantan bintang Prancis itu menilai teknologi bisa menghindarkan kontroversi dan membuat persaingan menuju tangga juara menjadi lebih seru dan adil.

Henry pun percaya bahwa ide untuk memiliki asisten wasit kelima yang bertugas mengawasi tayangan ulang bisa membantu kinerja sang pengadil lapangan.

“Akhir pekan pekan kemarin, penalti terhadap Raheem Sterling? Bagaimana bisa kalian tidak melihatnya? Penalti Hull [City] ketika Marcos Alonso melanggar Abel Hernandez, Laurent Koscielny yang berada dalam posisi offside untuk gol kemenangan Arsenal. Bagaimana bisa itu dilewatkan?” tanya Herny.

SIMAK JUGA: Mohamed Elneny Ingin Jadi Legenda Arsenal Seperti Thierry Henry

“Chelsea harusnya bermain imbang 1-1. Begitu pun Arsenal. City mungkin saja menang. Hal-hal seperti ini memengaruhi persaingan menuju juara. Kejadian seperti itu sangat jelas. Entah itu keputusan tricky atau mudah, kita harus membantu wasit yang berada di tengah.

“Pertandingan [di Inggris] berjalan sangat cepat dan mereka [wasit] melewatkan banyak kejadian. Ada banyak analisis yang diputuskan yang terlihat buruk. Jadi harus ada wasit kelima – yang tahu peraturan – duduk di depan layar TV yang kemudian mengambil keputusan cepat dan meneruskannya kepada wasit yang bertugas.

“Orang-orang khawatir hal itu akan memperlambat pertandingan – padahal itu tidak berlangsung lama. Lihatlah teknologi garis gawang dan penyelamatan Fraser Foster untuk Southampton di pertandingan melawan Liverpool.

“Hal itu terjadi sangat cepat dan wasit mengambil keputusan tepat [berdasarkan teknologi]. Tidak ada perdebatan. Perdebatan tidak akan terjadi jika keputusan yang diambil tepat.”