Sepakbola Guam Krisis, Pemain Ini Ingin Main Di Indonesia

Mundurnya Guam dari babak kualifikasi Piala Asia 2019 membuat Jonahan Romero dan rekan-rekannya berniat untuk hijrah ke mancanegara.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Krisis yang tengah dialami dunia sepakbola Guam membuat banyak penggawa tim nasional mereka berniat mencari klub mancanegara dan salah satunya termasuk Jonahan Romero.

Federasi negara yang terletak di samudera pasifik dengan jumlah penduduk sekitar 161,785 jiwa tersebut pada akhir tahun lalu menyatakan dilanda masalah finansial yang secara langsung mengancam eksistensi dan perjuangan skuat nasional mereka di kancah internasional.

Guam mencuri perhatian besar di Asia sejak dua tahun terkahir dengan mampu lolos hingga babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2018, serta memecahkan sejarah peringkat FIFA tertinggi (146) pada Agustus lalu setelah hanya menjadi tim lumbung gol selama bertahun-tahun, prestasi yang meningkat drastis jika dibandingkan dengan Indonesia.

CATATAN: Guam, Dari Sekadar Penggembira Menjadi Kejutan Baru Sepakbola Asia

Sebenarnya Guam, dengan mayoritas pemain keturunan Amerika Serikat, masih memiliki peluang untuk tampil di Piala Asia 2019 yang berlangsung di Uni Emirat Arab (UEA), namun federasi mereka memutuskan mundur dari babak kualifikasi dan hal tersebut memancing amarah para pemain.

“Benar, kami berada dalam masalah yang sanagat serius,” ungkap Romero, yang biasa mengisi pos pertahanan Guam, saat berbincang dengan Goal Indonesia.

“Masalah yang ada saat ini membuat kami [mayoritas penggawa timnas] ingin meninggalkan Guam dan bermain di mancanegara. Terakhir saya bermain untuk klub Guam, Rovers FC.”

Ditanya soal keinginan untuk merumput di luar negaranya, nama Indonesia muncul sebagai salah satu pertimbangan pemain berusia 28 tahun yang piawai menempati posisi sebagai bek maupun gelandang bertahan.

“Saya akan senang jika bisa bermain di Indonesia apabila ada tawaran kontrak yang bagus,” lanjutnya. “[Selain Indonesia] juga apabila ada kesempatan bermain di Thailand, India atau Singapura.”

Romero, yang memiliki catatan 26 caps sejak melakoni debut bersama timnas Guam pada 2009 lalu, telah memiliki pengalaman malang melintang di level Asia dengan berkarier di liga utama Filipina dan Mongolia.

Sebelumnya, terdapat dua pemain asal Guam yang pernah mencoba peruntungan di Indonesia. Kapten mereka, Jason Cunliffe pernah melakoni seleksi bersama Bhayangkara FC dan Shane Malcolm yang pernah dikontrak Persela Lamongan.