Marc-Andre Ter Stegen Nyaris Tinggalkan Barcelona

Kiper Jerman ini mengaku sempat mempertimbangkan hengkang jika Bravo tidak gabung City di musim panas.



OLEH  DEWI AGRENIAWATI


Marc-Andre ter Stegen mungkin saat ini tidak berseragam Barcelona jika Claudio Bravo tidak meninggalkan Camp Nou di musim panas kemarin. 

Blaugrana merekrut Ter Stegen dari Borussia Monchengladbach pada 2014 dan di saat yang sama Bravo juga didatangkan dari Real Sociedad. Luis Enrique membagi tugas kepada dua kiper tersebut, dengan Bravo menjadi pilihan utama di La Liga sementara Ter Stegen spesialis Liga Champions dan Copa del Rey. 

Tapi mulai musim ini, Ter Stegen akhirnya merebut status nomor satu di Barca menyusul keputusan penjaga gawang internasional Cile gabung Pep Guardiola di Manchester City, padahal kiper Jerman itu juga mengaku sempat mempertimbangkan hengkang. 

SIMAK JUGA: Bravo Menyesal Gabung City?

“Ini berat karena setiap orang ingin main di setiap laga. Pada akhirnya sesuatu berubah dan kami berdua baik-baik saja,” ucap Ter Stegen, yang juga dikaitkan hengkang ke Etihad Stadium, dalam wawancara dengan Mundo Deportivo. 

“Ia [Bravo] main di Manchester dan says main di sini di Barca. Harus ada perubahan karena tidak mudah mempertahankan situasi itu. 

“Saya bayangkan Guardiola ingin penjaga gawang yang dapat main dengan kakinya, semua orang tahu dia sebagai pribadi dan pesepakbola dan ini ide dia tentang bagaimana bermain sepakbola. 

“Jika situasinya tidak berubah saya ingin mencari solusi, tapi klub bilang waktu saya telah tiba dan semua orang mendukung saya, jadi saya tidak ragu bertahan di sini.” 

Ditanya apakah ia bisa menjadi kiper Blaugrana untuk sepuluh tahun ke depan, Ter Stegen menjawab: “Ya, mengapa tidak?”