Mantan Bek Barcelona Kritik Kebijakan Donald Trump Lewat Video Tendangan Bebas

Kapten timnas Meksiko itu menyampaikan kritik terhadap kebijakan Presiden AS yang berencana membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Kapten timnas Meksiko Rafa Marquez menggunakan media sosial untuk menyatakan sikapnya yang menentang ide Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam membangun tembok di perbatasan antara Amerika Serikat (AS) dengan Meksiko.

Pada Rabu (25/1)Trump telah menandatangani keputusan untuk segera membangun tembok pembatas. Tembok tersebut dibangun dengan tujuan untuk mengatasi masuknya para imigran ilegal dari Amerika Selatan. 

SIMAK JUGA: Donald Trump Kagumi Istri Bastian Schweinsteiger

Di hari yang sama, Marquez, mantan bek Barcelona yang kini membela klub Meksiko Atlas itu menyampaikan pesan yang nampaknya terkait dengan kebijakan Trump itu, lewat akun Twitter pribadinya.

No hay #muro capaz de detenernos si creemos en nosotros mismos. #4ctitud. pic.twitter.com/gMZPMj1m1G

— Rafa Marquez (@RafaMarquezMX) January 25, 2017

“Tidak ada tembok yang bisa mengentikan kita jika kita percaya pada kemampuan kita sendiri,” tulis Marquez disertai tagar #4ctitud yang merupakan kombinasi nomor punggungnya (4) dan kata actitud, kata dalam bahasa Spanyol yang berarti sikap.

Bek berusia 37 tahun itu juga menyertakan cuplikan gol tendangan bebasnya yang mampu melewati batas para pagar betis ketika ia masih berseragam Barcelona.

SIMAK JUGA – Marquez: Enrique Persatukan Barcelona

Sesaat setelah terpilihnya Trump sebagai Presiden AS, yang mendapat kritik keras dari pemerintah Meksiko terkait tembok pembatas, imigrasi, dan masalah pajak, Marquez bersama timnas Meksiko sedang melakoni laga kontra timnas AS dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018.

MAPFRE STadium USA Mexico 11112016

Gol Marquez di menit akhir berjalannya laga memastikan kemenangan tipis Meksiko dengan skor 2-1.

Sebelum laga berlangsung, kedua tim menyempatkan berfoto bersama untuk menunjukkan solidaritas di antara kedua negara.