Dibekap Athletic Bilbao, Luis Enrique Ogah Komentari Performa Wasit

Enrique mengaku lebih suka mendiskusikan performa timnya ketimbang mengungkit keputusan kontroversial wasit.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Wasit di Spanyol kembali menjadi sorotan setelah partai leg pertama babak 16 besar Copa del Rey antara Athletic Bilbao dan Barcelona, Jumat (6/1) dini hari WIB, berjalan kontroversial. Dalam laga yang dimenangi Atlhetic 2-1 itu, wasit Fernandez Borbalan membuat beberapa keputusan yang patut diperdebatkan.

Terdapat momen ketika Aritz Aduriz lolos dari hukuman meski terlihat mencekik Samuel Umtiti, kemudian berpuncak dengan tidak digubrisnya penalti Neymar sehingga menimbulkan keributan jelang turun minum. Selain itu, Borbalan sempat mengusir dua pemain Athletic, Raul Garcia dan Ander Iturraspe, karena melanggar Neymar di babak kedua.

Fokus pascalaga sudah pasti mengarah kepada Borbalan, namun pelatih Barca Luis Enrique enggan mengomentari performa sang pengadil lapangan.

SIMAK JUGA: Pique Tuduh Wasit Pro-Madrid

“Di akhir babak pertama, Anda bisa melihat rasa frustrasi kami karena keputusannya. Tetapi, perlu diingat bahwa sangat sulit untuk menilai kinerja wasit. Menurut saya, wasit adalah salah satu profesi tersulit,” ungkap Enrique selepas laga.

Enrique lebih memilih untuk mendiskusikan performa timnya yang kurang maksimal di partai ini, sebagaimana Barcelona hanya bisa sekali membalas dua gol Athletic — yang dicetak Aduriz dan Inaki Williams di babak pertama — lewat tendangan bebas Lionel Messi di awal babak kedua.

“Partai di San Mames, seperti biasa, berjalan dengan tensi tinggi. Di babak pertama, kami bermain dengan presisi buruk dan membuat alur pertandingan menjadi sulit. Terlebih, kami kebobolan dua gol dan banyak pemain yang dikartu kuning karena marah terhadap wasit,” sambung Enrique.

“Di babak kedua, kami mengontrol segalanya. Melihat jalannya pertandingan, gol Messi tersebut sempat memberikan harapan. Kami seharusnya pantas mencetak gol penyama,” imbuhnya.

Leg kedua Barca dan Athletic akan digelar di Camp Nou pada 11 Januari mendatang di mana Messi dkk. tinggal butuh kemenangan 1-0 untuk bisa lolos ke perempat-final Copa del Rey.

“Ini akan sulit, tetapi kami harus bisa menjaga gawang kami tidak kebobolan di leg kedua,” tandas Enrique.