Sejarah Hari Ini (29 Desember): Debut Xabi Alonso Bersama 'Negara' Basque

Dua tahun sebelum melakoni debut resmi bersama timnas Spanyol, Alonso sudah terlebih dahulu tampil di pentas internasional bersama Basque.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


APA MOMEN BERSEJARAH HARI INI?

Pada 29 Desember 2001, Xabi Alonso melakoni debutnya di pentas internasional. Namun uniknya, catatan tersebut tidak dibukukannya bersama tim nasional Spanyol melainkan ‘negara’ Basque.

INI MOMEN PENTING KARENA…

Meski tidak tercatat sebagai anggota resmi FIFA maupun UEFA, namun Basque punya kapasitas untuk bisa menggelar pertandingan internasional. Kasusnya sama dengan Catalunya, keduanya merupakan provinsi Spanyol yang memiliki otonomi khusus.

Maka tak heran, Basque pun memiliki hak untuk membentuk tim nasional sendiri sejak 1930 silam dan tampil di berbagai pertandingan tak resmi. Sejumlah pemain yang memegang kewarganeraaan Spanyol yang berdarah Basque bergantian dipanggil, salah satunya termasuk Alonso.

Potensi Alonso mencuri perhatian kala menjalani musim kedua di awal kariernya bersama Real Sociedad, kala itu masih berusia 20 tahun, mendapat panggilan untuk memperkuat Basque, kendati di saat bersamaan sang pemain juga menjadi bagian dari skuat Spanyol U-18.

Pelatih Basque waktu itu, Jose Angel Iribar memanggil Alonso untuk menjalani laga uji coba lawan Ghana. Dalam laga yang dimenangkan Basque dengan skor 3-2 itu, sang gelandang bertahan melakoni debut dari bangku cadangan dan hanya bermain selama 45 menit babak kedua. 

Sejak saat itu, tak banyak aktivitas yang dilakoni penggawa Bayern Munich yang juga pernah memperkuat Liverpool dan Real Madrid itu bersama pasukan Basque. Secara total, Alonso hanya mencatatkan lima penampilan dari 2001 hingga 2012.

Terakhir kali Alonso tampil berkostum Basque berlangsung pada tanggal yang sama, yakni 29 Desember 2012 dalam kemenangan 6-1 atas Bolivia. Sejak saat itu, ia tak pernah lagi berlaga bersama Basque. Faktor kesibukan di level klub serta fokus memperkuat Spanyol di ajang resmi menjadi prioritasnya.

HAL LAIN YANG PERLU DIKETAHUI

Debut internasional resmi Alonso bersama timnas Spanyol baru datang pada April 2003, ditandai dengan kemenangan 4-0 atas Ekuador. Setalah itu, ia selalu menjadi pilihan utama hingga melewati 114 laga, sukses memenangkan Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010, sebelum mundur dua tahun lalu.