Sagu Jadi Rahasia Stamina Kuda Milik Rizky Pora

Selain Boaz Solossa dan Stefano Lilipaly, salah satu pemain yang perannya menonjol di Piala AFF 2016 adalah Rizky Pora. Penampilan enerjik gelandang berusia 27 tahun ini adalah salah satu kunci kesuksesan Indonesia melaju ke partai final.

Dribel bola bagus dengan kecepatan luar biasa menjadi kekuatan utama gelandang Barito Putera ini. Bahkan beberapa kali aksinya melewati barisan pemain lawan juga mengundang decak kagum penonton. Terakhir Timnas Thailand menjadi tim terakhir yang dibobol pemain kelahiran kelahiran Ternate, Maluku Utara itu.

Ketika ditanya rahasia di balik stamina kuda yang dimilikinya, Rizky Pora menyebut makanan khas Maluku. “Papeda kakak. Sagu yang membuat saya seperti ini,” ujar Rizky seperti dikutip Bola.net dari Antara, Jumat (16/12).

Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar namun kaya dengan serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

Di leg pertama, penampilan tak kenal lelah Rizky Pora memang menjadi kunci kebangkitan Indonesia setelah sempat tertinggal 0-1. Di pertengahan babak kedua, Rizky berhasil mencetak gol penyama kedudukan sehingga melecut semangat juang timnas hingga lahir gol kedua lewat sundulan Hansamu Yama Pranata.