PSSI Setuju Dengan Format Baru Piala AFF

Para negara anggota AFF memang sudah lama membahas terkait format baru untuk tahun 2018.


OLEH    FARABI FIRDAUSY     Ikuti di twitter


Wacana AFF untuk mengubah format turnamen mereka, Piala AFF, pada 2018 nanti ternyata mendapat dukungan dari federasi sepakbola Indonesia, PSSI. Bahkan, PSSI menyatakan bahwa hal itu sudah dibahas lama oleh para anggota.

Mulai 2018 nanti, turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut akan digelar home dan away yang pastinya memakan waktu lebih panjang layaknya liga. Sampai AFF Suzuki Cup 2016 kemarin, format yang digunakan masih home tournament.

SIMAK JUGA – SEPULUH PEMUDA HARAPAN BANGSA

“Ini bukan suatu proses yang tiba-tiba dan ini mempertimbangkan sinkronisasi penjadwalan kompetisi domestik di negara-negara Asean,” buka Joko Diryono, wakil ketua umum PSSI terkait hal tersebut.

“Kalau diperhatikan, siklus tahun ganjil termakan oleh SEA Games, siklus tahun genap termakan oleh AFF. Di sela-sela itu dalam siklus empat tahunan ada Asian Games, ada Pra Piala Dunia, ada Pra Piala Asia. Kita ingin agar eksposur kompetisi domestik terjaga.”

“Saat itu harus dipenggal selama satu atau dua bulan penuh maka itu akan konsekuensinya di liga domestik menjadi masalah. Oleh karenanya, format home dan away menjadi pilihan yang telah diputuskan, rasanya itu adalah best option.”

SIMAK JUGA – ANDIK INGIN TIMNAS DI ATAS THAILAND

Memang, soal perubahan format Piala AFF ini belum ditetapkan meski sejatinya sudah dibahas sejak beberapa tahun lalu yang mana Joko juga terlibat untuk membahas hal itu.

“Saya termasuk ikut dalam diskusi empat tahun yang lalu. Di bulan Februari (2017) akan ada AFF council meeting di Myanmar, dan itu adalah finalisasi terkait hal itu,” pungkas pria yang pernah menjabat sekjen tersebut.