PREVIEW Copa Del Rey: Barcelona – Hercules

Hanya raih hasil imbang di leg pertama, Barcelona tentu targetkan kemenangan atas Hercules di Camp Nou untuk muluskan langkah mereka ke 16 besar Copa del Rey.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona bakal melanjutkan perjuangan menjaga asa raih semua gelar musim ini dengan hadapi Hercules, pada leg kedua babak 32 besar Copa del Rey, Kamis (22/12) dini hari WIB.

Barca merupakan raja di turnamen ini. Mereka memimpin dengan jumlah 28 gelar, unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Athletic Bilbao, yang punya 23 trofi.

Dalam lima musim terakhir Barca berhasil keluar tiga kali sebagai juara. Menilik fakta bahwa Blaugrana juga merupakan kampiun dalam dua musim terakhir, mereka kini punya target ambisius.

Barca ingin menyamai rekor yang mereka catatkan pada periode 1951 hingga 1953, dengan raih hat-trick Copa del Rey. Sesuatu yang tak pernah lagi dilakukannya.

Segalanya tentu akan makin luar biasa jika Barca bisa mewujudkannya musim ini, sebagai penegas bahwa satu dasawarsa terakhir merupakan era terbaik dalam sejarah mereka.

Alcacer dinanti gol debutnya di partai resmi untuk Barca

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Barcelona Kontra Hercules

Sang pelatih, Luis Enrique, juga menegaskan bahwa tim asuhannya ingin memenangkan semua gelar musim ini. Salah satunya tentu Copa del Rey. “Kami Barca, kami ingin memenangkan semua gelar setiap musimnya . Copa del Rey tentu saja jadi target,” ujarnya, seperti dikutip Marca.

Meski begitu rotasi tetap akan dilakukan sang pelatih  guna menjaga atmosfer skuat yang tetap kompetitif. Pemain-pemain muda yang diproyeksikan untuk masa depan macam Samuel Umtiti, Lucas Digne, Andre Gomes, hingga Paco Alcacer akan diutamakan turun sejak menit perdana.

Khusus Alcacer ini adalah kesempatan besar baginya untuk membuka keran gol bagi Barca. Eks kapten Valencia ini sudah torehkan gol debut di laga uji coba kala hadapi Al Ahli pekan lalu. Hal itu harusnya bisa membuat sang bomber lebih terpacu untuk torehkan gol debut di partai resmi.

Hasil imbang kacamata memang sudah cukup untuk Barca buat lolos, mengingat mereka bermain imbang 1-1 di kandang lawan pada leg pertama. Namun ini adalah Azulgrana, tim tersukses dalam sedekade terakhir, terlebih partai dimainkan di Camp Nou. Kemenangan jelas jadi kewajiban.

Hercules dengan kejutannya menahan imbang di leg pertama, mungkin saja akan kembali hadirkan keajaiban dini hari nanti. Namun Camp Nou dan kualitas Barca membuat segala mimpi tim asal Segunda B itu tampak mustahil.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (4-3-3): Cilessen; Vidal, Umtiti, Mathieu, Digne; Denis, Gomes, Sergi; Rafinha, Alcacer, Turan.

Hercules (4-5-1): Gimenez; Pena, Bueso, Dalmau, Fernando; J.Flores, C.Flores, Gaspar, Checa, Minano; Mainz.

Prediksi Goal Indonesia: Hercules 1-3 Barcelona

TAHUKAH ANDA

  • Hercules dan Barca sepanjang sejarah sudah bertemu sebanyak lima kali.

  • Dari lima pertemuan itu secara mengejutkan Hercules unggul, dengan raih tiga kemenangan dan hanya sekali kalah.

  • Satu-satunya kekalahan yang didapat Hercules didapat pada pertemuan terakhir keduanya pada 29 Januari 2011. 

  • Kala itu Azulgrana menang telak 3-0 di Estadion Jose Rico Perez. Messi yang hingga kini masih membela Barca, jadi bintangnya dengan torehkan dua gol.

  • Prestasi Hercules terus merosot tajam sejak terdegradasi dari La Liga di penghujung musim 2010/11. Mereka sekarang berkiprah di Segunda B Spanyol atau divisi tiga sepakbola Negeri Matador.