Mauricio Pochettino: Tottenham Hotspur Menang Karena Tampil Dominan

Pochettino menolak anggapan bahwa timnya bisa menang telak atas Southampton karena kartu merah yang menimpa Nathan Redmond.

Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino menilai timnya memang layak untuk menang 4-1 ketika menyambangi markas Southampton dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-18, Kamis (29/12) dini hari WIB.

Di pertandingan itu, Southampton sempat mengejutkan Spurs ketika laga baru berjalan 69 detik, setelah tandukan Virgil van Dijk menyambut umpan James Ward-Prowse sukses menjebol gawang Hugo Lloris.

Adapun setelahnya Spurs mampu menyamakan kedudukan melalui Dele Alli di menit ke-19, dan mereka bisa membalikkan keadaan di paruh kedua melalui gol Harry Kane.

Situasi semakin memburuk ketika Nathan Redmond melanggar Alli di kotak penalti. Winger muda Inggris itu tak hanya menghasilkan penalti, tetapi wasit juga mengusir Redmond keluar lapangan. Beruntung, eksekusi penalti Kane melambung tinggi di atas mistar.

SIMAK JUGA: Tottenham Hajar Southampton

Terlepas kegagalan itu, Spurs justru semakin tampil garang. Lima menit jelang bubaran, klub asal London itu berhasil mencetak dua gol lewat aksi Son Heung-Min dan Alli, dan Pochettino menilai timnya memang layak untuk menang selagi mengesampingkan pengaruh kartu merah Redmond.

“Itu [kartu merah] bukan aksi kunci yang mengubah pertandingan karena di momen tersebut, kami mendominasi laga, kami menciptakan banyak peluang,” kata Pochettino.

“Sulit melihat kejadian itu dari posisi saya namun kami memang pantas mendapatkan hal lebih ketimbang Southampton. Kami bermain lebih baik, ini adalah hasil yang sangat baik.”

Kemenangan tersebut membuat Spurs tak beranjak dari urutan kelima, namun mereka berhasil melebarkan jarak dengan Manchester United menjadi tiga poin.