Manuel Neuer: Borussia Dortmund Tetap Rival Utama, Bukan RB Leipzig

Meski Dortmund kini duduk di peringkat lima klasemen, Neuer tidak mencoret mereka dalam persaingan gelar.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Manuel Neuer menegaskan bahwa Borussia Dortmund tetaplah pesaing utama Bayern Munich dalam perebutan titel Bundesliga Jerman, meski rivalitas tersebut kini tergerus oleh kehadiran tim promosi RB Leipzig.

Bayern saat ini memuncaki klasemen Bundesliga, namun koleksi poin mereka disamai oleh Leipzig. Sementara itu, Dortmund justru terperosok ke peringkat lima klasemen, terpaut sepuluh poin di belakang Bayern dan Leipzig. Kendati demikian, Neuer enggan mencoret BVB dari persaingan gelar liga di musim ini.

“Leipzig dibangun sejak mereka promosi tahun lalu dan berhasil mencuri perhatian karena start gemilang mereka di musim ini. Mereka pantas berada di posisi saat ini. Tetapi, saya memprediksi performa Dortmund akan membaik selepas jeda musim dingin,” kata Neuer kepada Kicker, Senin (19/12).

SIMAK JUGA: “Leipzig Dibentuk Hanya Untuk Tambah Keuntungan”

“Saya rasa, RB Leipzig tidak akan mampu menyamai apa yang telah dilakukan Dortmund dalam tiga hingga empat tahun terakhir ini. Dortmund tetaplah rival utama kami dalam jangka panjang.”

“Saya berharap bisa memenangi Bundesliga setiap musim. Gelar Bundesliga sudah menjadi keseharian kami, sebuah titel yang paling jujur,” imbuh Neuer.

Bayern kini tengah bersiap menghadapi Leipzig di Allianz Arena, Rabu (21/12) mendatang, sebelum menjalani rehat musim dingin. Bundesliga akan bergulir kembali pada 20 Januari mendatang.