MAN OF THE MATCH Juventus 1-1 AC Milan (Pen. 3-4): Suso

Gelandang muda asal Spanyol itu secara konsisten menghadirkan tekanan bagi benteng pertahanan Juventus dalam duel Supercoppa Italiana.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


AC Milan menyudahi dahaga gelar mereka dengan merengkuh gelar Supercoppa Italiana setelah mengalahkan Juventus melalui drama adu penalti 4-3 di Jassim bin Hamad Stadium, Qatar, Jumat (23/12) malam WIB.

Raihan Supercoppa tahun ini merupakan trofi ketujuh dalam sejarah Rossoneri sejak terakhir kali membukukannya pada 2011 lalu, beberapa bulan setelah mampu memenangkan titel bergengsi terakhir mereka, Serie A pada musim 2010/11.

Lewati Adu Penalti, AC Milan Raih Suppercoppa!

Kemenangan Milan atas Juventus kali ini tak lepas dari peran penting Suso. Gelandang muda asal Spanyol tersebut secara konsisten menghadirkan tekanan bagi pertahanan pasukan kampiun Serie A sepanjang pertandingan.

Bahkan mantan penggawa Liverpool tersebut mampu menginspirasi Milan untuk bangkit dengan umpan matangnya pada menit ke-38 sukses dimaksimalkan Giacomo Bonaventura untuk menyamakan skor setelah sempat tertinggal lewat gol Giorgio Chiellini di awal.

Performa positif Suso berlanjut hingga babak adu penalti. Dipercaya menjadi salah satu eksekutor, ia dengan tenang menjalanka tugasnya kala tembakannya dari titik putih tak mampu diantisipasi Gianluigi Buffon.

Dari catatan statistik, sang pemain berusia 23 tahun merupakan prajurit Milan yang cukup efektif dalam membangun pola serangan. Persentase umpan suksesnya mencapai angka 81 dari total 37 umpan yang dilepaskan, termasuk lima di antaranya yang merupakan umpan kunci.