Kaleidoskop Sepakbola Indonesia 2016

Perubahan nama sejumlah klub, tewasnya suporter, hingga pencabutan sanksi FIFA yang berujung tampilnya timnas senior di panggung internasional mewarnai persepakbolaan tanah air.


OLEH   DONNY AFRONI


JANUARI

7 Januari: Indonesia mengawali 2016 dengan menempati peringkat 180 dunia, atau turun satu tangga dibandingkan ranking akhir tahun 2015. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia hanya lebih baik dari Kamboja yang menempati posisi 181 dan Brunei Darussalam (184).

10 Januari: Persipasi Bandung Raya yang sedang dilanda kesulitan finansial diakuisisi PT Polana Bola Madura Bersatu. CEO Achsanul Qosasi kemudian mengubah nama klub menjadi Madura United FC, dan bermarkas di Stadion Gelora Bangkalan.

17 Januari: Trio Titus Bonai, Patrich Wanggai, dan Abdul Rahman memilih berkarier di Liga Amadora Timor Leste sebagai imbas dihentikannya Indonesia Super League (ISL) 2015 akibat sanksi pembekuan dari Menpora. Mereka bergabung dengan Karketu Dili FC.

24 Januari: Mitra Kukar tampil sebagai juara turnamen Piala Jenderal Sudirman setelah dalam laga final mengalahkan Semen Padang 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

FEBRUARI

3 Februari: Gelandang muda Evan Dimas tiba di Spanyol untuk memulai trial-nya bersama bersama klub La Liga, Espanyol. menjalani trial selama lima bulan di klub tersebut. 

4 Februari: FIFA menolak permintaan Kemenpora yang menginginkan perubahan kerangka acuan Komite Ad-hoc Reformasi PSSI, karena telah resmi disetujui komite eksekutif (Exco) FIFA pada rapat 2 dan 3 Desember 2015.

4 Februari: Posisi Indonesia tidak mengalami perubahan di ranking FIFA, dan tetap berada di peringkat 180. Sanksi penangguhan dari FIFA membuat Indonesia tidak bisa menjalani laga internasional.

22 Februari: Boaz Solossa resmi memakai jersey klub Liga Amadora Timor Leste, Carsae FC. Boaz menyusul dua pemain asal Papua lainnya, Oktovianus Maniani dan Imanuel Wanggai, yang sudah lebih dulu bergabung dengan klub tersebut.

23 Februari: Arema Cronus mendapatkan trofi pertama di 2016 setelah menjuarai turnamen Bali Island Cup 2016 dengan mengalahkan Persib Bandung 1-0 di Stadion Dipta Gianyar.

27 Februari: Manajemen Persiram Raja Ampat menjual seluruh saham klub kepada PT Arka Gega Magna (AGM). Perusahaan ini mengubah nama klub menjadi PS TNI, dan selanjutnya bertarung dengan klub papan atas di Indonesia Soccer Championship (ISC) A.

SIMAK JUGA: Lima Momen Kontroversial Sepakbola Nasional 2016

MARET

3 Maret: Kendati tidak mempuyai agenda pertandingan internasional selama hampir satu tahun akibat sanksi penangguhan, posisi Indonesia di ranking FIFA mengalami peningkatan dua tangga ke posisi 178.

7 Maret: Mahkamah Agung menolak kasasi Menpora terhadap putusan pengadilan tata usaha negara (PTUN) dan pengadilan tinggi tata usaha negara (PTTUN) yang memenangkan memenangkan banding PSSI.

13 Maret: Gol tunggal kapten tim Ponaryo Astaman mengantarkan Pusamania Borneo FC tampil sebagai juara turnamen Piala Gubernur Kaltim dengan mengalahkan Madura United FC 1-0 di Stadion Palaran.

16 Maret: Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menetapkan ketua umum PSSI La Nyalla Mattalitti sebagai tersangka kasus korupsi penggunaan dana hibah di Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Jatim tahun anggaran 2016 untuk pembelian IPO Bank Jatim.

APRIL

3 April: Arema Cronus memastikan diri menjadi juara turnamen Piala Bhayangkara setelah dalam pertandingan final di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta mengalahkan Persib Bandung 2-0.

7 April: Setelah sempat naik dua tangga, posisi Indonesia kembali melorot di ranking FIFA, dan menduduki peringkat ke-185. Kali ini, posisi Indonesia hanya lebih baik dari Brunei Darussalam untuk kawasan Asia Tenggara.

7 April: Kipra Boaz Solossa dan Imanuel Wanggai di Timor Leste berakhir, dan mereka kembali ke Persipura Jayapura yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ISC A 2016.

12 April: Surabaya United melakukan merger dengan PS Polri, dan mengubah namanya menjadi Bhayangkara FC. Tim ini selanjutnya ambil bagian di ISC A 2016, dan bermarkas di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

19 April: PSSI merayakan ulang tahun ke-85 secara sederhana di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

29 April: Presiden RI Joko Widodo membuka turnamen ISC A 2016 di Stadion Mandala. Persipura Jayapura mengawali turnamen ini dengan hasil imbang 1-1 melawan Persija Jakarta.

30 April: ISC B 2016 yang diikuti tim Divisi Utama mulai digelar. Pembukaan ISC B dilangsungkan di Solo yang mempertemukan tuan rumah Persis dengan PSGC Ciamis.

MEI

5 Mei: Indonesia tidak bergerak dari posisi 185 di rangking FIFA

10 Mei: Menpora akhirnya mencabut pembekuan terhadap PSSI yang sudah berlangsung selama setahun. Keputusan ini dilakukan agar sanksi FIFA kepada Indonesia bisa dicabut dalam kongres induk organisasi sepakbola internasional itu di Meksiko pada 12-13 Mei.

13 Mei: FIFA mencabut sanksi penangguhan terhadap Indonesia dalam kongres di Mexico City. Keputusan itu dikeluarkan setelah FIFA mendapat surat dari pemerintah Indonesia terkait pencabutan pembekuan PSSI.

13 Mei: Seorang suporter Jakmania tewas dalam kerusuhan antara fans dan aparat keamanan di pertandingan melawan Persela Lamongan.

22 Mei: Seorang fan dari kelompok pendukung PSS Sleman, Brigata Curva Sud (BCS), setelah terlibat bentrok dengan suporter PSIM Yogyakarta dalam perjalanan pulang dari Semarang.

JUNI

2 Juni: Indonesia yang masih belum menjalani laga internasional mengalami penurunan peringkat di ranking FIFA. Kali ini, Indonesia turun dua tangga ke posisi 187.

10 Juni: PSSI kembali menunjuk Alfred Riedl sebagai pelatih timnas Indonesia untuk berlaga di Piala AFF 2016 setelah pencabutan sanksi penangguhan dari FIFA.

27 Juni: Menpora melarang kelompok suporter The Jakmania memberikan dukungan kepada Persija Jakarta selama berlangsungnya ISC A 2016 terkait kerusuhan suporter tiga hari sebelumnya di Stadion Gelora Bung Karno. Menpora juga mengurungkan niatnya menghentikan ISC A 2016.

30 Juni: PT Persebaya Indonesia memenangkan hak atas nama dan logo Persebaya Surabaya dalam sidang di Pengadilan Niaga Surabaya.

SIMAK JUGA: RESMI: FIFA Cabut Sanksi Indonesia

JULI

14 Juli: Indonesia menempati posisi terburuk dalam sejarah ranking FIFA negara ini setelah menempati peringkat ke-191. Hingga bulan ini, Indonesia masih belum menjalani laga internasional.

15 Juli: Eduward Tjong ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia U-19 untuk mengarungi Piala AFF U-19 di Vietnam.

22 Juli: Operator dan klub ISC A 2016 menemui kesepakatan setiap klub hanya menyumbangkan maksimal dua pemain ke timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2016.

AGUSTUS

3 Agustus: PSSI menggelar kongres luar biasa (KLB) di Ancol, Jakarta. Hasil KLB menetapkan kongres pemilihan digelar 17 Oktober, dan menetapkan Hinca Panjaitan sebagai Plt ketua umum PSSI. Keputusan ini mendapat respons positif dari FIFA.

9 Agustus: Seleksi gelombang pertama timnas Indonesia digelar di Stadion Pakansari untuk mencari pemain yang dipersiapkan mengikuti pelatnas Piala AFF 2016. 24 pemain mengikuti seleksi ini.

11 Agustus: Posisi Indonesia belum beranjak dari peringkat 191 di ranking FIFA.

11 Agustus: Komisi disiplin (Komdis) ISC menjatuhkan sanksi enam bulan larangan bermain kepada lima pemain Persinga Ngawi yang melakukan pengeroyokan terhadap asisten wasit di Sleman.

16 Agustus: Seleksi gelombang kedua timnas Indonesia digelar di Stadion Pakansari. Seperti halnya gelombang pertama, seleksi ini diikuti 24 pemain.

SEPTEMBER

6 September: Timnas Indonesia menjalani laga internasional pertama pascapencabutan sanksi penangguhan dari FIFA. ‘Debut’ skuat Garuda pun diwarnai kemenangan 3-0 atas Malaysia di Stadion Manahan Solo.

6 September: Seorang suporter The Jakmania tewas dikeroyok massa menjelang pintu tol Palimanan Cirebon dalam perjalanan pulang ke Jakarta setelah menyaksikan pertandingan antara Persija dan Persib Bandung.

9 September: Menpora memberikan rekomendasi agar kongres pemilihan PSSI diselenggarakan di Yogyakarta dengan alasan sebagai wujud reformasi PSSI untuk kembali ke titik nol.

15 September: Indonesia menjalani dua laga uji coba internasional pascapencabutan sanksi penangguhan dari FIFA. Hasil itu membuat posisi Indonesia naik ke peringkat 181.

20 September: Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semi-final Piala AFF U-19 setelah hanya menempati peringkat empat klasemen akhir di Hanoi, Vietnam.

28 September: Jawa Barat menyabet medali emas cabang sepakbola di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 setelah mengalahkan Sulawesi Selatan 5-4 lewat adu penalti di Stadion Si Jalak Harupat.

OKTOBER

9 Oktober: Timnas Indonesia kembali melakoni pertandingan uji coba. Kali ini mereka menghadapi Vietnam di Stadion Maguwoharjo. Sempat tertinggal dua gol, tim Merah Putih akhirnya memaksa laga ditutup dengan skor imbang 2-2.

11 Oktober: PSSI menetapkan kongres pemilihan digelar di Makassar, kendati Menpora menegaskan hanya memberikan rekomendasi agenda itu dilaksanakan di Yogyakarta.

13 Oktober: Seorang fan dari kelompok Singamania meninggal dunia dalam insiden pengeroyokan sesama suporter Sriwijaya FC pascalaga Laskar Wong Kito melawan Persegres Gresik United.

14 Oktober: Polemik lokasi kongres pemilihan membuat FIFA turun tangan. Berdasarkan hasil rapat komite eksekutif (Exco) PSSI, induk organisasi sepakbola dunia ini menetapkan kongres pemilihan digelar 10 November di Jakarta.

20 Oktober: Posisi Indonesia mengalami peningkatan dua tangga setelah menduduki peringkat ke-179 di ranking FIFA.

23 Oktober: Seorang suporter Persib Bandung tewas dikeroyok massa setelah menyaksikan pertandingan tim kesayangannya melawan Persegres Gresik United di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

SIMAK JUGA: Kalahkan PSM, Persipura Juara ISC A

NOVEMBER

4 November: Duel melawan Myanmar menjadi laga tandang perdana timnas Indonesia pascapemulihan status di FIFA. Pada pertandingan ini, Indonesia memaksa Myanmar bermain imbang tanpa gol.

8 November: Setelah bertamu ke Myanmar, timnas Indonesia selanjutnya menghadapi Vietnam di Hanoi. Hanya saja, Indonesia kali ini menelan kekalahan 3-2 dari tuan rumah.

10 November: Edy Rahmyadi resmi terpilih menjadi ketua umum PSSI periode 2016-2020 melalui kongres pemilihan di Jakarta. Sedangkan Joko Driyono dan Iwan Budianto menjadi wakil ketua umum.

19 November: Timnas Indonesia menjalani laga pembuka Grup A Piala AFF 2016 melawan juara bertahan Thailand di Bacoue, Filipina. Namun anak asuh Alfred Riedl ini gagal mengatasi Thailand, dan harus menyerah 4-2.

22 November: Matchday kedua timnas Indonesia di Piala AFF 2016 berakhir imbang 2-2 ketika menghadapi tuan rumah Filipina. Skuat Garuda sempat unggul dua kali di pertandingan ini.

25 November: Timnas Indonesia menjalani laga hidup-mati melawan Singapura di partai pamungkas Grup A. Sempat tertinggal lebih dulu, Indonesia akhirnya memastikan tiket ke semi-final setelah mengalahkan Singapura 2-1.

24 November: Indonesia tidak beranjak dari posisi 179 ranking FIFA setelah mencatat masing-masing dua hasil imbang dan kekalahan.

DESEMBER

3 Desember: Timnas Indonesia menjamu Vietnam di Stadion Pakansari di leg pertama semi-final Piala AFF 2016. Indonesia membuka asa ke final setelah memenangi pertandingan ini dengan skor 2-1.

8 Desember: Bermodalkan kemenangan 2-1, timnas Indonesia hanya cukup bermain imbang di leg kedua semi-final Piala AFF 2016. Namun Indonesia harus bekerja keras untuk menahan imbang Vietnam 2-2. Di laga yang diselesaikan melalui perpanjangan waktu ini, Vietnam harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-76.

13 Desember: PS TNI U-21 tampil sebagai jawara ISC U-21 setelah dalam laga final di Stadion Manahan Solo menggasak Bali United U-21 dengan skor telak 6-1.

14 Desember: Timnas Indonesia mempunyai asa tinggi menjuarai Piala AFF untuk kali pertama setelah memetik kemenangan 2-1 atas Thailand di leg pertama final di Stadion Pakansari. Teerasil Dangda sempat membawa Thailand unggul, sebelum akhirnya Rizky Pora dan Hansamu Yama membalikkan keadaan.

17 Desember: Ambisi Indonesia menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya kandas setelah dipaksa menelan kekalahan 2-0 dari Thailand di leg kedua final di Bangkok. Indonesia pun untuk kelima kalinya harus puas menjadi runner-up di pesta sepakbola dua tahunan se-Asia Tenggara ini.

18 Desember: Persipura Jayapura memastikan diri menjadi juara ISC A 2016 setelah mengalahkan PSM Makassar 4-2 di laga pamungkas. Raihan poin Persipura tidak bisa dikejar Arema Cronus.

19 Desember: Kendati gagal menjadi juara Piala AFF 2016, Presiden RI Joko Widodo tetap memberikan apresiasi berupa bonus Rp200 juta kepada masing-masing pemain timnas Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi ketika menjamu skuat Garuda di Istana Negara.

20 Desember: Manajemen Arema Cronus memutuskan mengubah nama klub menjadi Arema FC. Perubahan nama ini juga akan diikuti bergantinya logo klub. Namun, hingga saat ini mereka masih mencari logo yang tepat, sehingga belum bisa diumumkan.

22 Desember: PSCS Cilacap berhasil menjadi juara ISC B 2016 setelah menaklukkan PSS Sleman dengan skor ketat 4-3 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara.

22 Desember: Indonesia menutup 2016 dengan menduduki peringkat ke-171 dunia setelah hanya menduduki posisi runner-up Piala AFF.