Fredy Guarin: Liga Super Tiongkok Setara Dengan Serie A Italia

Mantan gelandang Inter itu berpendapat kompetisi sepakbola Tiongkok mungkin saja akan menajdi salah satu liga terbaik dunia.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


 

Mantan gelandang Inter yang kini bermain untuk klub Tiongkok Shanghai Shenhua, Fredy Guarin, menyatakan secara mendasar Liga Super Tiongkok (CSL) tidak berbeda jauh dengan Serie A Italia.

Guarin hengkang dari Inter menuju Shenhua dengan nilai transfer sekitar €13 juta pada Januari lalu. Meski sempat meremehkan kompetisi di Tiongkok, dia kini merasa sepakbola di negara tersebut bisa saja menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

“Saya telah bermain beberapa tahun di Inter, dan berpikir untuk mengubah suasana. Tawaran menarik pun tiba, saya mempertimbangkannya sebaik mungkin dan kemudian menerimanya,” uajr Guarin kepada Sino.com.

SIMAK JUGA: Ini Alasan Fredy Guarin Tinggalkan Internazionale

“Saya ingin mendapatkan pengalaman baru dan memilih Tiongkok. Saya tidak mengira liga di sana kompetitif, tapi saya harus mengubah pandangan itu.”

“Kami tidak selevel dengan liga Spanyol [La Liga], tapi saya pikir standar kompetisi di Tiongkok mirip dengan di Serie A.”

“Seiring berjalannya waktu klub-klub Tiongkok akan tumbuh dan mencapai level yang terbaik di duia; banyak pemain dan pelatih asing telah tertarik bergabung, mereka akan membuat liga menjadi jauh lebih menarik.”

SIMAK JUGA: Oscar Segera Gabung Shanghai SIPG

“Kedatangan banyak pemain asing tentu akan membuat para pemain lokal belajar banyak hal,” kata gelandang asal Kolombia berusia 30 tahun itu.

Gelandang Chelsea Oscar, dan penyerang Boca Juniors yang sempat membela Manchester United dan Juventus, Carlos Tevez, menjadi pemain bintang terkini yang dikabarkan akan segera berlabuh di klub Tiongkok.