Borussia Monchengladbach Berpisah Dengan Andre Schubert

Menyusul keterpurukan klub di peringkat 14 dan serangkaian hasil jeblok, pelatih berjuluk “Harry Potter” ini harus meninggalkan Die Fohlen.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Borussia Monchengladbach mengonfirmasi telah bercerai dengan pelatih mereka Andre Schubert menyusul rentetan mengecewakan di paruh pertama musim 2016/17.

Kekalahan 2-1 di kandang sendiri dari Wolfsburg pada Selasa (20/12) kemarin dipastikan menjadi laga penutup Schubert bersama Gladbach. Hingga spieltag ke-16, Gladbach terpuruk di peringkat 14 klasemen Bundesliga Jerman. Selain itu, Die Fohlen juga hanya memetik satu kemenangan dalam 11 partai terakhir di semua kompetisi.

Kepergian Schubert ini terasa mengejutkan karena baru satu musim berlalu sejak pelatih berkepala plontos ini membangkitkan Gladbach dari keterpurukan. Selepas menggantikan Lucien Favre pada September 2015, Schubert mampu membawa Gladbach lepas landas dari peringkat buncit klasemen dan finis di zona Liga Champions. Kinerja positifnya itu membuat julukan “Harry Potter” melekat kepadanya.

SIMAK JUGA: Andre “Harry Potter” Schubert, Ancaman Untuk Bayern

Sayang, peruntungan Schubert berubah total di musim ini, seiring performa Gladbach yang terus merosot. Mereka telah tersingkir dari Liga Champions dan kini hanya terpaut tiga poin dari zona degradasi di Bundesliga. Kekalahan dari Wolfsburg pada akhirnya membuat klub bergerak cepat untuk berpisah dengan Schubert.

“Dalam beberapa hari terakhir, kami telah mengadakan banyak pembicaraan. Bersama Andre, kami berkesimpulan bahwa lebih baik bagi kedua belah untuk berpisah. Perkembangan klub yang menurun ini terjadi karena beberapa alasan. Kini, kami akan memulai hidup baru dengan pelatih lain,” terang Max Eberl selaku direktur olahraga.

Gladbach kini telah memasuki jeda musim dingin dan akan kembali bertanding pada 21 Januari mendatang melawan Darmstadt.