Arsene Wenger Nilai Tiongkok Bisa Jadi Ancaman Liga Primer Inggris

Manajer Arsenal itu mengaku terkejut dengan keberhasilan klub Tiongkok dalam merekrut Oscar di angka £60 juta, dan ia melihat ada potensi besar di sana.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Arsene Wenger menilai Tiongkok berpotensi menjadi ancaman bagi Liga Primer Inggris di masa depan.

Seperti diketahui, Tiongkok kini menjadi kiblat baru bagi persepakbolaan dunia sebagaimana mereka gemar merekrut bintang-bintang ternama, dan Oscar merupakan sosok terkini setelah ia ditebus Shanghai SIPG senilai £60 juta dari Chelsea.

Wenger menyebut faktor uang yang ditunjukkan sederet klub Tiongkok bisa berubah menjadi ancaman nyata buat Liga Primer, yang selama ini dikenal sebagai salah satu kekuatan pasar transfer dunia.

SIMAK JUGA: Chelsea Resmi Lepas Oscar Ke Shanghai SIPG

“Ya, [kepindahan Oscar] itu adalah sebuah kejutan, itu bagaikan sebuah distorsi,” kata Wenger. “Umumnya ketika Anda adalah seorang pesepakbola, Anda ingin mendapatkan kombinasi dari kualitas kompetisi dan kuantitas gaji.

“Kepindahan itu merupakan kejutan buat saya, namun ketika saya masih di Jepang, kami punya banyak pemain asal Brasil. Untuk saat ini, saya kira Oscar pindah karena ia jarang bermain di Liga Primer. Tiongkok memberinya kesempatan itu… mereka menginvestasikan banyak uang untuk saat ini.

“Akankah itu menjadi ancaman di masa depan untuk Liga Primer? Bisa saja.”