7 Kasus Pemain Gagal Tes Medis Paling Mengejutkan

​ Kepindahan Neven Subotic dari Borussia Dortmund ke Middlesbrough menemui kegagalan. Bek asal Serbia itu kabarnya telah menjalani tes medis, namun secara mengejutkan dianggap tidak layak.

Frieder Gamm, agen Subotic telah membantah bahwa bek Borussia Dortmund itu gagal tes medis, namun bersikeras transfer ke klub Inggris lainnya masih bisa terjadi.

Ada beberapa kasus tes medis mengejutkan lainnya yang pernah terjadi.

7. Loic Remy ke Liverpool

SK Rapid v Chelsea F.C. - Friendly Match

​ Loic Remy pernah hampir bergabung dengan Liverpool pada 2014 lalu, namun hasil tes medis membuat The Reds membatalkan niat. Penyebab kegagalan itu kabarnya tidak terlalu jelas.

Namun, Remy sendiri pernah mengatakan bahwa hasil tes jantung membuat Liverpool ragu, walau menurut si pemain, dokter spesialis terbaik di London menyatakan ia bisa tetap bermain.

“Saya telah bertemu spesialis terbaik di London dan dia bilang saya bisa bermain. Rupanya hal itu tidak cukup buat mereka (Liverpool). Jika mereka tidak menginginkan saya, oke, namun mereka mengumumkannya di koran, lalu semua klub menjadi ketakutan,” kata Remy menanggapi keputusan Liverpool ketika itu.

6. Victor Valdes ke AS Monaco

FC Barcelona v RC Celta de Vigo - La Liga

​ Mantan kiper utama Barcelona itu setelah dilepas dengan status bebas transfer sebenarnya diminati AS Monanco. Valdes sempat datang untuk menjalani tes medis, namun tim dokter Monaco menyatakan uji medis Valdes tidak cukup baik.

Valdes ketika itu masih menderita akibat cedera ligamen dalam pertandingan melawan Celta Vigo. Ia lalu absen hingga akhir musim, lalu kehilangan tempat utama di Barcelona, selain tak dipanggil untuk skuat Spanyol di Piala Dunia 2014.

Namun, Manchester United di bawah arahan Louis van Gaal kemudian merekrutnya.

5. George Boyd ke Nottingham Forest

Morecambe v Burnley - Pre Season Friendly

​ Setelah dipinjamkan selama semusim di Nottingham Forest, George Boyd kembali ke Peterborough, lalu dimasukkan ke bursa transfer setelah menolak memperpanjang kontrak dari Darren Ferguson.

Nottingham Forest menjadi salah satu peminat serius. Namun, hasil tes menunjukkan hal aneh. Boyd gagal tes medis karena kabarnya punya masalah penglihatan.

Bos Peterborough sampai terkejut. “Ia telah bermain dalam 300 partai dan mencetak gol dari tengah lapangan bulan lalu, tapi Forest bilang dia punya problem mata,” kata Darragh MacAnthon ketika itu.

4. Demba Ba ke Stuttgart

West Ham United's Senegalese striker Dem

​ Demba Ba ketika itu masih menjadi pemain Hoffenheim. Ia sedianya dijual ke Stuttgart namun tim dokter kabarnya menemukan masalah. Setelah berita menyebar, Tony Pulis, manajer Stoke City waktu itu, kecewa dan mengatakan, “Pastinya mereka menemukan sesuatu yang bisa menimbulkan masalah nantinya.”

Rupanya tim medis klub lain tidak menemukan hal yang sama. Ba kemudian dijual ke West Ham. Ia juga pernah membela Newcastle United dan Chelsea setelah gagal tes di Stuttgart itu.

3. Leroy Fer ke Everton

Swansea City v Norwich City - Premier League

​ Leroy Fer tahun 2013 lalu hampir bergabung dengan Everton, namun tes medis menunjukkan masalah lutut yang bisa menimbulkan cedera panjang. Kesepakatan senilai £8,6 juta dari FC Twente akhirnya batal.

Namun, Fer tetap berhasil masuk ke Premier League karena direkrut Norwich City, lalu ia mendapat pujian dari beberapa pengamat dan pandit sepak bola. Leroy Fer kini bermain untuk Swansea City.

2. Emil Larsen ke Brondby IF

England v Denmark - International Friendly

​ Mantan gelandang Odense Boldklub (Denmark) ini juga pernah diragukan kesehatannya. Emil Larsen hampir pindah ke Brondby IF, namun tes medis kabarnya menunjukkan masalah serius di lututnya. Padahal ia telah memuji Brondby dan mengkritisi Odense.

Jalan terakhir adalah pembuktian di lapangan. Larsen sempat menjadi player of the month, salah satunya kala mencetak gol ke gawang Brondby, yang ia rayakansembari menunjuk-nunjuk lututnya sendiri.

1. John Hartson ke Glasgow, Tottenham, dan Charlton

Celtic v Hibernian

​ Inilah pemain paling gigih yang ingin membuktikan bahwa tiga tim medis dari tiga klub telah melakukan kesalahan. John Hartson gagal lulus tes medis tak cuma sekali. Ia batal ke Glasgow Rangers, Tottenham Hotspur, dan Charlton Athletic karena alasan yang sama, tidak cukup bugar.

Mantan pemain Arsenal ini akhirnya bergabung dengan Celtic, musuh bebuyutan Glasgow Rangers, pada tahun 2001. Ia lalu menjalani masa karier sukses, bermain dalam 150 partai dengan mencetak lebih dari 100 gol di semua kompetisi.