7 Fakta Menarik Tentang Rizky Pora

Rizky Pora menjadi salah satu pemain terbaik Indonesia di turnamen terbesar di Asia Tenggara atau Piala AFF 2016 dengan menyumbangkan empat assist dan satu gol.

Pora bisa tampil di posisi bek kiri ataupun sayap kiri seperti posisinya saat ini di timnas.

Dirinya memegang peran penting dalam pertandingan final leg pertama Piala AFF 2016 antara timnas Indonesia melawan Thailand di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu, 14 Desember 2016.

Dia mencetak gol untuk menyamakan kedudukan saat Indonesia sedang tertinggal 0-1, sebelum Hansamu Pranata memastikan kemenangan Indonesia.

Berikut fakta penting mengenai Pora:

1. Rizky Rizaldi Pora lahir di Ternate, 22 November 1989. Memiliki postur tubuh 172 sentimeter, Rizky bermain sebagai pemain sayap di klubnya, Barito Putera sejak tahun 2013 silam.

2. Sebelum bermain di Barito Putera, Pora sempat bermain untuk Persita Tangerang pada tahun 2010 sampai 2013. Di turnamen Piala Presiden 2015 Pora bermain untuk Martapura FC yang merupakan saudara muda dari Barito Putera. Dirinya juga sempat memperkuat Pusamania Borneo FC dalam turnamen-turnamen sepak bola yang digelar selama Indonesia masih menjalani sanksi oleh FIFA.

3. Mengidolai mantan pemain timnas Indonesia yakni Isnan Ali. “Bang Isnan idola saya. Apalagi sewaktu dia masih main di Persita Tangerang, saya suka melihatnya,” ujar Pora.

4. Pora sudah mencatatkan total 14 caps di timnas Indonesia. Debutnya di timnas dijalani pada 21 Juni 2014 saat memperkuat Indonesia beruji coba melawan Pakistan di Stadion Manahan, Solo. Dalam debut itu Indonesia menang dengan skor 4-0.

5. Merupakan anggota skuat timnas saat berkipra di Piala AFF 2014. Sayang di partai melawan Filipina, Pora mendapatkan kartu merah usai menarik kaus dari Phil Younghusband. Indonesia pun takluk 4-0 saat itu dan tersingkir di fase grup.

6. Dari empat kategori statistik di ajang Piala AFF 2016, Pora masuk 10 besar. Yaitu dari empat assitsnya (urutan pertama bersama Theeraton Bunmathan), total 13 peluang sudah dibuat oleh Pora, kedua terbanyak setelah Le Cong Vinh (Vietnam dengan 15 kali). Sebanyak 34 umpan silang Pora ciptakan sepanjang AFF 2016 dan juga tujuh tendangan ke gawang.

7. Memakai nomor punggung 14 di timnas Indonesia saat ini serta 26 di Barito Putera. Dirinya memilih nomor punggung 11 saat menjalani Piala AFF tahun 2014 silam.