5 Stadion Klub Inggris yang Telah Ditinggalkan

​Stadion adalah sebuah tempat yang sangat bermakna bagi sebuah klub sepak bola. Tempat ini tidak hanya sekadar tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan kandang, tetapi juga tempat yang menghadirkan berbagai momen penting sepanjang sejarah klub tersebut.

Kadang ada sebuah klub yang terpaksa meninggalkan kandangnya dengan berbagai alasan, berikut adalah lima contohnya di Inggris.

5. Roker Park

Roker Park

​ Roker Park adalah stadion yang menjadi markas Sunderland sejak tahun 1897 (20 tahun sejak berdirinya klub yang berbasis di wilayah Timur Laut Inggris ini). Sunderland menggunakan stadion ini hingga tahun 1997.

Sejak saat itu hingga sekarang, The Black Cats menggunakan Stadium of Light sebagai markas mereka.

4. Ayresome Park

FOOTBALL-WORLD-CUP-1966

​ Ayresome Park menjadi stadion yang digunakan oleh Middlesbrough pada 1903 sampai dengan 1995. Stadion ini juga digunakan dalam tiga pertandingan Piala Dunia 1966, ketika Tim Nasional Inggris berhasil mendapatkan gelar juara.

Saat ini Boro sudah pindah ke Riverside Stadium, dan Ayresome Park sudah diledakkan dan diubah menjadi daerah perumahan, setelah sempat digunakan sebagai tempat latihan pada 1996 hingga 1997.

3. The Dell

Jason Dodd

​ The Dell adalah stadion yang sempat digunakan oleh Southampton sejak awal berdirinya klub tersebut (1898) hingga 2001 sebelum mereka akhirnya pindah ke St. Mary’s Stadium yang mereka gunakan hingga saat ini.

Stadion ini juga menjadi saksi perjuangan The Saints untuk memanjat ke tingkat tertinggi sepak bola Inggris.

2. Maine Road

General view of Maine Road

​ Manchester City menggunakan Maine Road pada 1923 hingga 2003, dan membanggakan kapasitas stadion yang sangat tinggi, berjumlah 84 ribu penonton, dan memiliki rekor sebagai stadion yang dihadiri penonton terbanyak pada 1934 (84,569 penonton).

City meninggalkan Maine Road dan pindah ke City of Manchester Stadium (Etihad Stadium) pada 2003 setelah pihak FA memaksa mereka menurunkan kapasitas stadion menjadi 32 ribu penonton.

1. Highbury

Arsenal v West Bromwich Albion

​ Arsenal menggunakan Highbury sebagai kandang mereka sejak pindah ke London Utara pada 1913, sampai 2006. Sebelumnya mereka berada di London Tenggara selama 20 tahun dan menggunakan Manor Ground sebagai kandang.

Pada 2006, The Gunners meninggalkan Highbury dan pindah ke Emirates Stadium agar dapat bersaing dengan klub-klub besar Eropa lainnya.