5 Pelatih Top yang Tidak Punya Pekerjaan Saat Ini

​Banyak pelatih-pelatih top di dunia sepak bola modern saat ini. Anda boleh memuji Premier League karena sebagian besar pelatih istimewa berkumpul di sana.

Namun, ada beberapa nama yang sebenarnya tak kalah berkualitas, memiliki filosofi brilian, namun anehnya, belum memiliki pekerjaan baru sebagai pelatih.

Nama-nama ini jelas bisa menjadi opsi jika ada klub besar yang harus memecat pelatihnya karena sebuah alasan. Berikut kelima sosok tersebut.

5. Frank Rijkaard

FBL-GULF-CUP-KSA-IRQ

​ Salah satu pelatih terbaik sebelum Pep Guardiola menjajah dunia kepelatihan dengan filosofi tiki-takanya. Rijkaard memiliki segudang pengalaman dan tergolong sukses bersama Barcelona. Dia berhasil mempersembahkan gelar Champions League 2005/06, serta dua gelar La liga (2004/05, 2005/06), selama lima tahun melatih Barcelona.

Namun, semenjak berpindah dari Barcelona, karir kepelatihannya sekana menurun. Dia terakhir kali melatih timnas Arab Saudi pada 2013 dan tak berjalan lancar. Sejak itu dia tak melatih lagi. Padahal sosok ini bisa menjadi otak penting bagi sebuah tim.

4. Roberto Mancini

FC Internazionale Milano v Empoli FC - Serie A

​ Jika ada pelatih yang dipecat pada situasi yang sedikit aneh, dia adalah Mancini. Mungkin dia sudah mempersiapkan setengah persiapan Internazionale Milan untuk musim ini.

Namun, karena tak satu pikiran dengan manajemen dan gagal memberikan impresi yang baik di pramusim, Inter memutuskan untuk menendangnya dan digantikan oleh Frank de Boer. Padahal, Mancini bisa dibilang salah satu pelatih Italia yang sangat berbakat.

3. Laurent Blanc

FBL-FRA-CUP-MARSEILLE-PSG

​ Juga merupakan pelatih berkualitas yang juga legenda sepak bola Prancis. Pemecatan dia oleh Paris Saint-Germain jelas tak masuk akal karena superioritas yang sebenarnya telah dia berikan kepada tim dalam beberapa tahun terakhir.

Alasan tak bisa berbicara banyak di Champions League jelas tak masuk akal. Blanc bisa berguna bagi banyak tim apalagi karier kepelatihannya terbilang belum begitu lama.

2. Marcelo Bielsa

FBL-FRA-LIGUE1-MARSEILLE-CAEN

​ Bielsa sebenarnya sempat dikontrak oleh Lazio pada Juli lalu. Tapi, selang dua hari kemudian, dia mengundurkan diri. Sosok kontroversial yang memiliki kemampuan brilian dengan taktik yang spesial.

Sempat sukses bersama Athletic Bilbao dan Olympique Marseille, semua tim yang dilatih Bielsa menjamin sepak bola menyerang yang indah dipandang mata. Terlepas dari hasil yang mungkin tak terlalu terlihat.

1. Louis van Gaal

Manchester United v Crystal Palace - The Emirates FA Cup Final

​ Anda tak bisa menilai pelatih ini hanya dari saat dia melatih Manchester United saja. Van Gaal sebenarnya mampu menaikkan level Setan Merah yang pesakitan kembali jadi penghuni papan atas.

Pengalamannya juga sangat segudang bersama klub-klub besar lain. Dia telah meraih tujuh gelar liga bersama tujuh tim dari tiga liga berbeda. Van Gaal juga punya kredibilitas tinggi dan jika diberi kesempatan mungkin bisa kembali memberikan kejayaan bersama sebuah tim.