20 Atlet dengan Penghasilan Tertinggi Sepanjang Sejarah

Majalah Forbes seperti biasa telah membuat daftar para atlet terkaya di dunia. Kali ini mereka memasukkan 20 nama atlet sepanjang masa yang punya penghasilan tertinggi.

Petinju, pebasket, dan pegolf mendominasi daftar ini. Pemain sepak bola hanya segelintir saja. Berikut ini daftar lengkapnya.

20. Manny Pacquiao – 389 Juta Pound

Ricky Hatton And Manny Pacquiao Press Conference

Petinju asal Filipina ini bisa dibilang atlet paling kaya di Asia walau dalam daftar ini cuma masuk di peringkat ke-20. Ia dikenal terjun sebagai politisi di negaranya selain masih aktif bertinju.

19. Oscar De La Hoya – 405 Juta Pound

Oscar Lawalata

Juara dunia 10 kali ini punya julukan Golden Boy. Oscar De La Hoya telah mengumpulkan banyak dari ring tinju, lalu mendirikan perusahaan promotor bernama Golden Boy Promotions pada 2002.

18. Jeff Gordon – 409 Juta Pound

Gordon Ramsey

Pebalap yang telah menjuarai 93 seri NASCAR ini masuk dalam daftar di urutan ke-18. Ia adalah satu-satunya pebalap NASCAR yang ada di sini.

17. Lionel Messi – 413 Juta Pound

TOPSHOT-FBL-EUR-C1-CELTIC-BARCELONA

Salah satu fenomena terbesar dalam dunia sepak bola ini sudah masuk urutan ke-17 pada usia 29 tahun. Di luar kasus pajak yang sedang menderanya, Messi kabarnya punya kekayaan senilai 413 juta pound.

16. Alex Rodriguez – 477 Juta Pound

Alex Rodriguez

Inilah satu-satunya pemain bisbol yang masuk daftar atlet terkaya sepanjang masa. Alex telah masuk dalam daftar MLB All Star sebanyak 14 kali.

15. Roger Federer – 477 Juta Pound

TENNIS-ATP-CHN

Federer kini menjadi petenis tersukses sepanjang sejarah dengan raihan 17 gelar Grand Slam. Namanya paling laris untuk memasarkan produk sponsor seperti Nike dan Wilson.

14. Cristiano Ronaldo – 493 Juta Pound

FBL-EUR-TROPHY

Dari segi pendapatan, Cristiano Ronaldo jelas unggul dibandingkan rival utamanya, Lionel Messi. Setidaknya tahun ini ia telah meraup hampir semua prestasi bergengsi di kancah sepak bola Eropa.

13. Lebron James – 508 Juta Pound

Liverpool v Manchester United - Premier League

Kotrak per tahun untuk King James kabarnya mencapai 30 juta dolar. Belum lagi ada hubungan seumur hidup dengan Nike, yang membuat pebasket Amerika Serikat ini bisa masuk daftar atlet terkaya.

12. Greg Norman – 540 Juta Pound

Greg Norman

Ia adalah salah satu pegolf tersukses sepanjang masa. Mike Norman tak hanya berkiprah sebagai pemain saja tentunya. Bisnis di luar lapangan mungkin malah memberi hasil jauh lebih besar.

11. Mike Tyson – 544 Juta Pound

Mike Tyson

Jarang ada lawan yang bertahan cukup lama ketika melawan Si Leher Beton. Mike telah menghasilkan banyak uang dari meninju muka orang lain, selain juga beberapa kali muncul di WWE dan sejenisnya.

10. Shaquille O’Neal – 556 Juta Pound

Shaquille O'Neal

Raksasa dunia basket menjadi pebasket kedua terkaya di dunia sepanjang masa. Shaq berada di tengah daftar ini dengan penghasilan 700 juta dolar AS dari berbagai proyek.

9. David Beckham – 580 Juta Pound

TENNIS-GBR-WIMBLEDON

Semua hal yang dilakukan David Beckham menarik perhatian penggemarnya. Gaya rambut, tendangan bebas, umpan silang, sampai kehidupan pribadinya. Beckham adalah sebuah merek dagang.

8. Phil Mickelson – 604 Juta Pound

Phil Mickelson

Pegolf ini telah menjuarai lima turnamen gesar, selain menjadi endorser untuk merek besar seperti Barclays dan Rolex.

7. Floyd Mayweather Jr. – 608 Juta Pound

Money Maker

Petinju ini dikenal sangat cinta dengan uang. Bahkan julukan Mayweather adalah “Money”. Pertarungan-pertarungan manapun yang ia gelar selalu menarik perhatian. Tak mengherankan pendapatannya sangat besar.

6. Kobe Bryant – 612 Juta Pound

2012 MLS Cup - Houston Dynamo v Los Angeles Galaxy

Ia belum lama ini memutuskan untuk pensiun. Selama 20 tahun berkarier di dunia basket, Kobe Bryant telah mengumpulkan banyak uang untuk menikmati hari tua. Totalnya sekitar 770 juta dolar AS.

5. Michael Schumacher – 794 Juta Pound

Michael Schumacher

Tokoh besar dari Formula One ini menghasilkan 794 juta pound selama menjadi pebalap andalan Ferrari. Ia menjadi pemuncak daftar pebalap terkaya di dunia, selain pernah menjadi yang terkaya dalam daftar tahun 1999 dan 2000.

4. Jack Nicklaus – 917 Juta Pound

Jack Nicklaus

Pegolf satu ini sekarang sudah berumur 76 tahun. Ia telah memenangi 18 turnamen besar. Jack Nicklaus telah merancang 298 lapangan golf, yang membuat tokoh gaek ini mengumpulkan 1,15 miliar dolar AS.

3. Arnold Palmer – 1,07 Miliar Pound

Arnold Palmer

Mendiang pegolf legendaris dunia ini lahir tahun 1929. Ia dikenal punya produk-produk sendiri. Arnold Palmer punya kekayaan senilai 1,07 miliar pound setelah juara PGA Tour 62 kali.

2. Tiger Woods – 1,31 Miliar Pound

2010 Australian Masters - Pro-Am

Harimau lapangan golf ini adalah pegolf terkaya sepanjang masa. Tiger Woods masih aktif bermain dan kabarnya sudah mengumpulkan 1,31 miliar pound.

1. Michael Jordan – 1,35 Miliar Pound

Jordan

Atlet basket ini sudah lama pensiun namun pendapatannya jauh melebihi mereka yang berkarier di era lebih kini. Di sepak bola, makin mendekati masa sekarang, pendapatan mereka biasanya lebih besar.

Untuk Michael Jordan tidak seperti itu. Setelah sukses bersama Chicago Bulls lalu Washington Wizards, pundi-pundi uang pebasket Amerika Serikat ini masing bertamhah. Ia punya merek tersendiri yang sukses dipasarkan oleh Nike.

Kabarnya tiap tahun Nike setor 100 juta dolar, sehingga pendapatan total sepanjang karier Michael Jordan mencapai 1,7 miliar dolar AS (1,35 miliar pound).