Wah, Kabar Menyedihkan: Persipura Jayapura Dibubarkan!

Akibat konflik antara PSSI dan pemerintah yang berakibat dihentikannya liga dan gagalnya Persipura Jayapura tampil di Piala AFC, klub menyatakan diri dibubarkan hari ini.

“Hari ini saya tegaskan tim Persipura dibubarkan hari ini, jam ini, dan detik ini,”

ujar Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomy Mano didampingi, Manajer Persipura, Rudi Maswi dan Sekertaris Umum Persipura Roky Babena kepada wartawan di Hotel Grand Abe Jayapura, Jumat (5/6) pukul 11.00 WIT. Pernyataan, Mano, ini mengagetkan sejumlah wartawan yang hadir. “Dengan sedih saya bubarkan ini,” ujarnya dengan nada sedih.

Dikatakan, pembubaran tim ini belum diketahui para pemain. “Nanti tugas manajer yang menyampaikan ini,”ujarnya. Dengan demikian semua kegiatan maupun apa pun kegiatan tak diikuti Persipura. Gagalnya Persipura berlaga di AFC‎, harus menjadi tanggungjawab Menpora, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan imigrasi. “Mereka harus bertanggung jawab, “ujarnya.

Dirinya juga menegaskan, jangan ada ancaman apa pun untuk Persipura‎. “Jangan ancam-ancam Persipura dengan gertakan atau sanksi. Kami selalu berada di bawah naungan statuta FIFA dan PSSI. Dan kami selalu bermain mengharumkan bangsa ini,” ujarnya. Badan sepakbola dunia (FIFA) menjatuhkan sanksi untuk Indonesia terkait pembekuan PSSI oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora). Keputusan tersebut dibuat pada pertemuan Komite Eksekutif FIFA yang berlangsung di Zurich, Sabtu (30/5) dan berlaku sampai waktu yang tidak ditentukan.

baca dulu detail Akibat Sanksi FIFA yang harus ditanggung Indonesia termasuk Persipura

Dengan sanksi ini, maka Indonesia dilarang mengikuti semua program FIFA. Namun, Timnas Merah Putih tetap diizinkan mengikuti SEA Games mengingat kompetisi sudah terlanjur berlangsung. Keputusan ini pun sekaligus mengakhiri kiprah Persipura di ajang AFC Cup meski mereka sebelumnya gagal bertanding melawan Pahang FA.

Persipura-Jayapura-di-AFC-Cup-2015

Terlepas dari apapun alasan internal maupun eksternal dari pembubaran Persipura Jayapura, kita tidak mau kondisi seperti ini berlarut-larut, seperti diketahui, Persipura Jayapura bukanlah tim kemarin sore, Persipura Jayapura sudah memiliki nama besar bahkan bisa disebut tim legendaris di Indonesia dan memiliki pendukung tidak hanya di propinsi asal mereka saja namun juga diseluruh Indonesia. Persipura didirikan pada tahun 1950, merupakan salah satu klub tua di Indonesia. Persipura mempunyai julukan Mutiara Hitam. Sejak tahun 2000 prestasi Persipura di kompetisi Indonesia semakin menanjak, Persipura menjadi tim yang performanya konsisten dari musim ke musim. Mengandalkan banyak pemain lokal dan pemain muda asal Papua.

Persipura menjadi salah satu tim yang paling banyak menjurai Liga Super (Liga Indonesia) bersama Persik Kediri dan Persebaya Surabaya. Persipura meraih gelar juara pertamanya pada musim 2005 dan 2008/2009. Dalam perjalannya sebelum kini menjadi tim kuat di level tertinggi kompetisi sepak bola nasional, prestasi Persipura awalnya sejak berdiri pada 1950 turun naik dan bahkan cenderung tidak tampak. Persipura bahkan sempat terdegradasi ke divisi 2 dan menjadi juara divisi 2 liga Indonesia pada tahun dua kali juara pada musim 1979 dan 1993.

Coba bayangkan, tim besar sekelas Persipura saja bisa bernasib seperti ini, bagaimana tim yang lain? Hellow… pak Menteri, pak Nyala… pripun niki pak..