Vfl Wolfsburg Angkat Trofi Piala Jerman!

Wolfsburg berhasil meraih gelar DFB-Pokal perdana mereka setelah menang 3-1 atas Borussia Dortmund, Minggu (31/5) dini hari tadi. Wolfsburg menjadi tim yang lebih baik ketimbang Dortmund dalam persaingan di final Piala Jerman di Olympiastadion musim ini. Skuat asuhan Dieter Hecking tertinggal lebih dulu oleh gol cepat Pierre-Emerick Aubameyang, namun mampu dibalas oleh gol Luiz Gustavo di pertengahan babak pertama.

Adapun Wolfsburg berhasil mengamankan kemenangan setelah Kevin De Bruyne dan Bas Dost masing-masing mengemas satu gol. Keberhasilan ini menjadi keberhasilan pertama Wolfsburg dalam upaya meraih trofi juara sejak memenangi Bundesliga Jerman pada 2008/09. Trofi Piala Jerman juga menjadi trofi pertama yang diperoleh Wolfsburg dalam sejarah klub. Satu dekade sebelumnya, Wolfsburg hanya bisa mengakhiri turnamen sebagai runner up.

Sementara bagi Dortmund, kegagalan meraih trofi Piala Jerman ini melengkapi keterpurukan di musim ini. Dortmund juga tak mampu bersaing di kompetisi domestik Bundesliga Jerman dengan hanya mampu menduduki papan tengah klasemen akhir. Pasukan Dieter Hecking menggendong trofi untuk pertama kalinya setelah menekuk Borussia Dortmund dengan skor 3-1, seiring De Bruyne mencetak gol kedua Wolfsburg.

“Kami terus bermain demi dirinya sejak jeda internasional. Ia berada bersama kami dan ia tentu berharap kami memenangkannya,” ujar De Bruyne pada ARD setelah laga.

“Ini merupakan laga yang luar biasa bagi kami. Kami sempat kesulitan di 20 menit pertama, tapi setelahnya kami tampil hebat,” tandas mantan gelandang Chelsea tersebut.

Dortmund unggul lebih dulu lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang, tapi Luiz Gustavo membalasnya, disusul oleh gol De Bruyne dan Bas Dost. Dortmund sejatinya memulai laga dengan baik. Bahkan di menit kelima, tim besutan Jurgen Klopp ini sudah dalam posisi memimpin setelah Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol pembuka.

Berawal dari umpan cerdik Shinji Kagawa, Aubameyang tanpa kesulitan menaklukan Benaglio dengan tendangan volinya.

Tapi di menit 22, Luis Gustavo bisa menyamakan kedudukan. Pemain asal Brasil itu meneruskan bola rebound dari tendangan bebas Naldo yang hanya bisa ditinju oleh Michael Langerak ke arahnya.

Marco Reus mendapat kesempatan di menit 28, namun dihentikan wasit karena pelanggaran offside. Dua menit berselang, aksi yang sama ditunjukkannya. Di menit 33, Wolfsburg balik memimpin. Kevin De Bruyne muncul menjadi bintang dengan tendangan kerasnya dari jarak jauh, dengan Langerak bergeming dari tempatnya melihat gawangnya jebol.

dortmund-vfl-wolfsburg-juara-dfb-pokal

Tak berhenti sampai di situ, gol keempat di pertandingan ini, atau yang ketiga buat Wolfsburg, kembali tercipta lima menit setelahnya. Durm melakukan bloking krusial atas tendangan Dost di menit 64. Hal yang sama juga dilakukan barisan belakang Wolfsburg saat mementahkan peluang Henrikh Mkhitaryan lima menit kemudian.

Kagawa memberikan ancaman lain di menit 79 melalui tendangan keras ke gawang Wolfsburg. Tapi Benaglio juga membuat penyelamatan bagus untuk bisa menahan bola masuk ke gawangnya.

Kiper Wolfsburg tersebut sekali lagi membuat penyelamatan krusial untuk mengamankan gawangnya dari ancaman Aubemayang. Hasilnya, skor 3-1 untuk kemenangan timnya tetap bertahan.