Tundukkan Aston Villa 4-0 Arsenal Pertahankan Piala FA

Arsene Wenger musim ini bisa bernafas lega karena meski tidak dapat merebut tropi Primer League dan gagal di fase knockout liga Champion setidaknya ia dapat mempersembahkan piala FA setelah dini hari tadi (31/05) anak asuhnya membantai Aston Villa di partai puncak. Arsenal menang telak atas Villa dengan skor 4-0 lewat kaki Wallcot, Sanchez, Mertesacker dan Giroud. Kemenangan yang diraih dengan sangat mudah mengingat lawan yang dihadapi bukan tim unggulan. Berdasarkan komposisi pemain saja The Gunners unggul jauh dibanding Aston Villa yang hanya mengandalkan Bentekke dan Given.

Tim London ini adalah klub big four yang dihuni mayoritas pemain bintang yang memiliki kecepatan super jet macam Sanchez, Walcott, dan Chamberlain. Di area bola atas ada Giroud dan Mertesacker sebagai master heading. Sedang di tengah siapa yang tidak mengenal nama besar seperti Oziel, Ramsey, dan Cazorla. Mereka merupakan maestro gelandang tengah langganan timnas di laga internasional.

Tidak heran sejak peluit dibunyikan pertandingan terlihat “jomplang”. Anak asuh Wenger memperlihatkan filosofi sepakbola menyerang. Para pemain menekan pertahanan Villa lewat sayap dan tengah secara bergantian. Villa tidak diberi waktu sekedar untuk bernafas. Hanya kegesitan Given-lah yang membuat tim ini tidak kebobolan sampai menit 40. Ketika akhirnya stadion Wembley pecah dengan sorai Gooners saat Walcott merobek jala Given dengan tembakan volinya.

Unggul di babak pertama semakin memompa semangat anak asuh Wenger. Hasilnya eks pemain Barca Alexis Sanchez menciptakan gol spektakuler di menit 50. Bola ditendang dengan keras dari jarak 20 meter mengarah sisi tengah gawang membuat mental Given runtuh seketika. Perasaan anak buah Tim Sherwood semakin menyesakkan ketika Mertesacker menambah keunggulan Arsenal lewat headingnya di menit 62. The Villans tidak mampu mengimbangi permainan apalagi membalikkan keadaan. Karena menyerang dan bertahan Arsenal sama baiknya.

arsenal-aston-villa-fa-cup-final

Giroud yang masuk menggantikan Walcott menutup pesta lewat golnya di menit 93. Walaupun berbau offside tetapi wasit tetap mengesahkannya menjadi gol keempat. Hingga peluit panjang dibunyikan skor tidak berubah dan Arsenal menjadi klub terbanyak peraih piala FA dengan 12 tropi sedang bagi sang professor piala ini menjadi tropinya yang keenam selama melatih Arsenal. Aaron Ramsey, gelandang Arsenal, mengaku senang setelah klubnya sukses mempertahankan Piala FA secara beruntun.

The Gunners menang 4-0 atas Aston Villa dan mengamankan gelar Piala FA ke-12 mereka, Minggu (31/5) dini hari tadi, di Wembley Stadium.

Theo Walcott membuka keunggulan Arsenal, disusul dengan gol Alexis Sanchez, Per Mertesacker, dan Olivier Giroud. Ramsey pun menyiratkan optimisme pasca kemenangan ini.

“Rasanya luar biasa,” ungkapnya pada BBC Sport. “Kami benar-benar menantikan ini. Memenangkan Piala FA secara beruntun tidaklah mudah dilakukan dan kami melakukannya. Sekarang kami bisa menatap musim depan dan melangkah maju dan memberikan ancaman di Liga Primer.”

Arsenal tertinggal 12 poin dari Chelsea yang menjuarai Liga Primer musim ini.