Preview & Jadwal Copa America 2015

Copa America adalah turnamen paling bergengsi untuk negara-negara di Amerika Selatan. Berikut adalah panduan lengkap mengenai turnamen yang akan dimulai 11 Juni, 2015 dan melibatkan pemain-pemain terbaik dunia seperti Luis Suarez, Neymar, Alexis Sanchez dan Lionel Messi.

Tuan rumah: ​Chili

Juara bertahan: ​Uruguay (2011)

Tanggal berlangsung: 11 Juni 2015 – 4 Juli 2015

Tim yang berpartisipasi (12): ​Chili, ​Brasil, ​Argentina, Venezuela, ​Peru, ​Kolombia, ​Paraguay, ​Uruguay, ​Meksiko, ​Jamaika, ​Ekuador, ​Bolivia.

Kompetisi ini terdiri dari 10 tim anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), dan untuk kompetisi tahun 2015 ini, mereka mengundang dua anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF), yaitu ​Meksiko dan Jamaika untuk ikut berpartisipasi. Turnamen Copa America 2015 diikuti 12 negara. Sepuluh negara Conmebol akan kembali menjadi peserta reguler turnamen ini, yaitu Argentina, Bolivia, Cile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela, sementara dua negara lain merupakan undangan.

Apabila turnamen sebelumnya mengundang Kosta Rika dan Meksiko, tahun ini El Tri akan tetap berpartisipasi namun Kosta Rika digantikan oleh Jamaika.

Format turnamen: 12 tim ini akan dibagi menjadi tiga grup, dan setelah bermain tiga pertandingan, dua peringkat teratas di tiap group lolos ke babak delapan besar. Dari tiga tim yang berada di peringkat ketiga, akan dipilih dua tim dengan poin terbanyak untuk juga melaju ke babak delapan besar, dan kompetisi akan dilanjutkan dengan sistem gugur.

pembagian-grup-copa-amerika

Berikut pembagian grup selengkapnya:

Grup A : Cile, Mesiko, Ekuador, Bolivia
Grup B : Argentina, Uruguay, Paraguay, Jamaika
Grup C : Brasil, Kolombia, Peru, Venezuela

Total 18 pertandingan babak grup akan dimainkan sebelum memasuki babak gugur yang dimulai pada akhir Juni. Sembilan stadion di delapan kota akan menggelar total 26 pertandingan. Santiago, yang memiliki dua stadion, akan menjadi tempat untuk laga pembuka dan juga partai puncak pada Estadio Nacional (satu stadion lain di Santiago adalah Estadio Monumental David Arellano). Berikut Jadwal lengkap pertandingan Copa America 2015:

Jadwal-Pertandingan-Piala-Copa-America

Sementara pertandingan-pertandingan lain disebar ke seluruh negara dari Antofogasta (Estadio Regional de Antofagasta), Temuco (Estadio Municipal Germán Becker), La Serena (Estadio La Portada), Valparaíso (Estadio Elías Figueroa), Viña del Mar (Estadio Sausalito), Rancagua (Estadio El Teniente) hingga Concepción (Estadio Municipal de Concepción).

Ini adalah turnamen edisi ke-44, dengan pertama kali digelar pada 1916. Uruguay adalah juara bertahan dan mencatatkan rekor trofi terbanyak dengan 15 kali juara. Disusul Argentina dengan 14 trofi, kemudian Brasil dengan koleksi 8 gelar. Sementara itu, Peru dan Paraguay sama-sama pernah mengangkat trofi sebanyak 2 kali, dan Kolombia dan Bolivia masing-masing satu kali. Cile, Ekuador dan Venezuela masih berusaha mendapatkan trofi Copa America pertama mereka.

Kepo Update Berita Bola:

jadwal copa america 2015, Jadwal Copa america