Laga Pembuka Copa America, Cile kalahkan Ekuador 2 – 0

Cile sukses membuka gelaran Copa America 2015 dengan hasil memuaskan usai menekuk Ekuador dengan skor 2-0 dalam laga yang berlangsung di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos, Jumat (12/6) pagi WIB. Chili, yang bertindak sebagai tuan rumah Copa America 2015 mencetak gol lewat penalti Vidal di menit 67. Eduardo Vargas kemudian menggandakan keunggulan di menit 84.

“Kami masih harus memperbaik beberapa hal. Intensitas dan gaya permainan kami misalnya. Tapi ini masih pertandingan pertama dan selalu sulit untuk bermain bagus. Tapi yang terpenting kami bisa menang,” katanya seperti dilansir ​situs resmi Copa America 2015.

Sebagai tuan rumah, Cile yang menargetkan poin penuh sejak awal langsung tampil terbuka dan mendominasi permainan. Gebrakan dilakukan Alexis Sanchez di menit-menit awal yang hampir mampu membobol gawang Ekuador. Dengan menumpuk enam gelandang di tengah membuat Cile leluasa untuk mengatur irama permainan mereka sendiri. Sementara Ekuador yang banyak tertekan sesekali mengancam lewat serangan balik cepat yang dibangun Jefferson Montero maupun Enner Valencia.

Peluang matang kembali didapat Cile enam menit jelang turun minum, umpan satu dua dengan Sanchez membuat Mauricio Isla masuk ke dalam kotak penalti lawan, sayang eksekusi akhirnya masih tipis melebar dari gawang Alexander Dominguez. Selepas jeda pertandingan, tempo pertandingan masih tak banyak berubah. Jorge Sampaoli melakukan perubahan taktik Cile dengan memasukkan Eduardo Vargas yang menggantikan posisi Jean Beausejour di sektor penyerangan.

Perubahan tersebut membuat Cile semakin mendominasi laga. Hasilnya di menit ke-67, sebuah penetrasi Arturo Vidal dari sisi kanan dijatuhkan Miler Bolanos di area terlarang, penalti yang didapat pun tak disia-siakan sang gelandang Juventus untuk membuka keunggulan timnya.

Tujuh menit sebelum laga berakhir, kelengahan lini belakang Ekuador dimanfaatkan Sanchez untuk mengirimkan terobosan yang langsung diekeskusi sempurna oleh Edu Vargas untuk menggandakan keunggulan. Hingga peluit panjang, Cile mampu mempertahankan kemenangan. Pemain Juventus itu terpilih menjadi Man of The Match di laga tersebut. Kendati demikian, Vidal menganggap hasil akhir pertandingan lebih penting ketimbang penghargaan individu yang diraihnya.

“Kami sempat gugup, namun pada akhirnya kami bisa lebih tenang dan meraih kemenangan. Inilah yang terpenting dan kami merasa bahagia.”

Kemenangan itu membuat Chili memimpin sementara grup A dengan perolehan tiga poin. Dua negara lainnya, Bolivia dan Meksiko baru akan bermain Sabtu (13/6) pagi WIB.