Sepp Blatter Terpilih Lagi Jadi Presiden FIFA!

ZURICH – Sepp Blatter kembali menjabat sebagai Presiden FIFA setelah pesaingnya Pangeran Ali bin al-Hussein mengundurkan diri sebelum dilakukannya pemungutan suara putaran kedua dalam Kongres FIFA di Zurich, Swiss, Kamis malam. Dengan terpilihnya lagi pria berusia 79 tahun itu, maka menjadi kelima kalinya bagi Blatter menempati kursi sebagai orang nomor satu di organisasi tertinggi sepakbola dunia. Dalam kongres FIFA ke-65 yang diselenggarakan di Zurich, Swiss, Blatter menyingkirkan satu-satunya pesaing, Pangeran Ali bin al Hussein.

Pada putaran pertama, Sepp Blatter berhasil mengumpulkan 133 suara, sementara Pangeran Ali bin Hussein dipilih oleh 73 orang. Hal ini berarti, jumlah yang dikumpulkan Blatter tidak mencapai dua per tiga dari 206 suara yang sah dari total 209 pemilik suara.

Namun, sebelum dilakukannya pemilihan tahap dua, Pangeran Ali mengundurkan diri.

“Saya hanya ingin berterima kasih kepada kalian semua. Khususnya kepada mereka yang telah berani memilih saya,” katanya dalam pidato singkat sebelum meninggalkan panggung.

Blatter pun kembali duduk di kursi Presiden FIFA untuk kelima kalinya sejak yang pertama pada 1998.

blatter-kembali-jadi-presiden-fifa

Pria 79 tahun itu terpilih di tengah kencangnya seruan untuk mundur setelah sembilan pejabat FIFA didakwa atas tuduhan pemerasan, konspirasi dan korupsi. FIFA sendiri saat ini tengah didera dugaan kasus korupsi. Pada Rabu 27 Mei 2015, kepolisian Swiss yang dibantu FBI meringkus tujuh anggota FIFA yang diduga terlibat kasus korupsi, pemerasan, dan pencucian uang. Setelah ditelusuri lebih jauh, akhirnya pihak kepolisian menangkap 14 pejabat FIFA.

“Saya berterima kasih, Anda telah menerima saya untuk empat tahun berikutnya. Saya akan berada di komando kapal FIFA,” kata Blatter. “Saya bangga karena UEFA mempertahankan dan mendukung gerakan untuk perubahan di FIFA. Perubahan yang menurut saya krusial jika organisasi ini ingin kembali mendapatkan kredibilitas,” kata Platini, seperti dilansir Goal, Sabtu (30/5/2015).

“Saya ingin memberi selamat kepada sahabat, Prince Ali, atas kampanye memukau dan saya ingin berterima kasih kepada seluruh delegasi yang mendukungnya,” lanjut legenda hidup Juventus ini.