19 Desember, Hari Ulang Tahun Borussia Dortmund Yang ke 105

Alles Gute zum Geburtstag, Borussia Dortmund!

Ya, tepat hari ini klub bernama lengkap Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund genap menginjak usia 105 tahun.

Tim yang berbasis di kota Dortmund ini pertama kali dibentuk atas dasar ketidaksenangan sekelompok anak muda dengan mantan klub mereka, Trinity Youth, yang dikelola seorang pendeta lokal yang otoriter. Para pendiri klub adalah Franz dan Paul Braun, Henry Cleve, Hans Debest, Paul Dziendzielle, Julius dan Wilhelm Jacobi, Hans Kahn, Gustav Muller, Franz Risse, Fritz Schulte, Hans Siebold, August Tönnesmann, Heinrich dan Robert Unger, Fritz Weber, serta Franz Wendt.

Kabarnya si pendeta sempat berusaha mencegah pembentukan klub baru ini, yang dilakukan lewat sebuah pertemuan di pub, namun upayanya gagal setelah dihalangi di pintu masuk.

Meski Borussia merupakan bahasa Latin untuk Prussia (Kekaisaran Jerman dulu), nama ini sesungguhnya diambil dari tempat pembuatan bir di wilayah setempat, dan diyakini menjadi simbol pemberontakan lebih jauh dari tim terdahulu.

Pada awal pembentukan, tim bermain menggunakan seragam bersetrip vertikal biru-putih dengan garis diagonal merah. Mereka kemudian beralih ke setrip hitam-kuning pada 1913, dan kombinasi warna tersebut menjadi kebanggaan Dortmund hingga sekarang.

Akhir 1950-an menandai masa kejayaan pertama Die Schwarzgelben, dengan memenangi dua trofi juara liga — Oberliga West — secara beruntun pada 1956 dan 1957. Dortmund tercatat sebagai satu dari 16 kontestan yang mengikuti musim perdana penyelenggaraan Bundesliga (1963/64), namun mereka baru dapat mencicipi gelar juara pada pertengahan 1990-an.

Terlepas dari puasa gelar liga hingga lebih dari tiga dekade, Dortmund tetap berprestasi dengan memenangi DFB-Pokal 1964/65, sebelum merebut trofi Piala Winners semusim berselang. Sukses menundukkan Liverpool 2-1 lewat perpanjangan waktu pada final di Hampden Park menjadikan BVB klub Jerman pertama yang meraih titel internasional.