Vietnam Optimis Raih Gelar Juara AFF Cup

Wakil presiden Federasi Sepakbola Vietnam (VFF), Tran Quoc Tuan mengaku yakin akan peluang timnas Vietnam untuk dapat merengkuh prestasi tertinggi dalam gelaran Piala AFF 2014 yang akan berlangsung pada 22 November – 20 Desember mendatang.

Optimisme tinggi dari sang wakil presiden muncul ke permukaan setelah melihat adanya persiapan matang serta perkembangan performa pasukan Golden Star sejak dibesut pelatih asal Jepang, Toshiya Miura pada awal Mei lalu.

“Sesaat setelah Asian Games selesai kami mengirim tim senior yang ada untuk berlatih di Jepang dan melakoni sejumlah laga uji coba di sana. Saya pikir kami telah mempersiapkan tim secara serius jelang Piala AFF,” ujar Quoc Tuan dalam kutipan Bongdaplus.

“Kami sangat antusias dengan kinerja Toshiya Miura yang membawa suasana baru bagi tim. Kehadirannya mampu meningkatkan kualitas permainan tim ini. Jadi, kami yakin akan mampu menuai hasil positif yang dapat berujung pada pencapaian maksimal dalam turnamen nanti.”

Seperti diketahui, bersama dengan Singapura, Vietnam akan menjadi tuan rumah Piala AFF tahun ini dengan menggelar pertandingan Grup A yang melibatkan Indonesia, Filipina dan Laos di Hanoi.

Indonesia masuk dalam Grup A Piala AFF 2014 atau AFF Suzuki Cup 2014 yang akan berlangsung di Singapura dan Vietnam pada 22 November – 20 Desember 2014.

Di Grup A akan bercokol Vietnam, Filipina dan runnerup babak kualifikasi. Hasil drawing yang digelar di Hanoi, Vietnam, Selasa (5/8/2014) menempatkan juara bertahan Singapura berada di Grup B bersama Malaysia, Thailand dan pemenang babak kualifikasi. Babak kualifikasi akan diikuti oleh Timor Lestem Brunei Darussalam, Laos dan Kamboja. Kualifikasi akan digelar di Vientiane, Laos pada 12-20 Oktober 2014.

Singaporura, tim paling sukses di Piala AFF setelah juara empat kali, akan menjadi tuan rumah di stadion nasional berkapasitas 55.000 orang (Stadion Nasional) dan akan menghadapi musuh bebuyutannya Malaysia. The Lions juga akan bertarungan melawan Thailand, runner up AFF Suzuki Cup terakhir.

The Thai, juara tiga kali 1996, 2000 dan 2002, dua kali kalah di final dari Singapura dua tahun lalu dan ini kesempatan melakukan balas dendam.

Malaysia, yang kini ditangani oleh pelatih baru Dollah Saleh, berpengalaman menghadapi kesuoitan melawan the Lions.

Mantan pelatih Singapura Raddy Avramovic, yang kini menangani tim nasional Myanmar, mengatakan pertarungan tahun ini akan ketat. Semua tim sudah melakukan perbaikan dan mungkin akan ada kesalahan dalam mprediksi tim yang kalah. “Memang ada tim yang akan menang di piala itu.”

Pelatijh Vietnam asal Jepang Toshiya Miura mengatakan dirinya optimis melihat hasil drawing. Dia memperingatkan para lawannya. “Pada Suzuki Cup terakhir, Vietnam tidak lolos ke semifinal dari grup yang diisi oleh Vietnam, Thailand, Filipina, dan Myanmar.

Pelatih Filipina Thomas Dooley tidak banyak mengatakan soal hasil drwaing itu. Namun, dia mengatakan bahwa dia akan dapat kenana serius di setiap pertandingan. “Setiap pertandingan di turnamen ini penting: Kami sudah melihat ini di Challenge Cup. Tentu saja, kami akan berjuang untuk memenangkan gelar kali ini.”