Marcello Lippi Memutuskan Pensiun Sebagai Pelatih

Usai sudah masa bakti Marcello Lippi di dunia sepakbola internasional. Pelatih asal Italia tersebut memutuskan untuk mengakhiri karirnya sebagai pelatih.

“Saya tak ingin melatih lagi, saya sudah terlalu tua untuk itu sekarang ini,” kata Lippi, Senin (3/11).

Namun demikian, Lippi belum sepenuhnya meninggalkan sepakbola. Ia masih akan menduduki jabatan penting di timnya saat ini, Guanzhou Evergrande.

“Guangzhou Evergrande akan memiliki pelatih baru untuk musim depan. Saya akan terus mengikuti dengan peran sebagai direktur teknis,” tandasnya.

Lippi memutuskan pensiun setelah sukses membawa timnya menjadi juara Liga Super Cina untuk kali ketiga secara beruntun. Sukses tersebut memperpanjang catatan keberhasilannya meraih sejumlah trofi juara.

Sukses terbesar Lippi adalah dengan membawa Italia memenangi Piala Dunia 2006. Ia juga pernah meraih trofi Liga Champions, Piala Interkontinental, Piala Super UEFA, empat trodi Piala Super Italia, Coppa Italia dan lima titel scudetto Serie A Italia bersama Juventus.

Bersama Evergrande, Lippi juga berhasil mempersembahkan satu trofi Piala Cina dan Liga Champions Asia selain tiga titel domestik.