Lima Ramuan Persib Bandung Untuk Menghadapi Persipura

Gelaran Indonesia Super League (ISL) 2014 telah memasuki babak puncak, di mana dalam partai final akan berlangsung duel seru antara Persipura Jayapura dan Persib Bandung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Jumat (7/11). Berstatus sebagai juara bertahan, membuat pasukan Mutiara Hitam di atas kertas lebih diunggulkan untuk mempertahankan prestasi yang mereka capai musim lalu. Namun hal itu dipastikan tidak akan mudah, mengingat kubu lawan, Maung Bandung datang dengan ambisi tinggi untuk menjadi yang terbaik dalam kampanye musim ini.

Jelang berlangsungnya partai krusial tersebut, Goal Indonesia akan mencoba mengulas apa saja faktor yang bisa membuat Persib memenangi duel kontra Persipura.

MATERI PEMAIN SOLID

Persib merupakan salah satu tim bertabur bintang dalam beberapa musim terakhir, termasuk musim ini di mana mereka memiliki kekuatan merata di semua sektor tim. Dari penjaga gawang hingga lini depan, boleh dikatakan jika sejumlah bakat berkualitas baik lokal maupun asing.

Siapa yang meragukan kualitas I Made Wirawan? Ya, kiper timnas Indonesia itu merupakan sosok yang menghuni bawah mistar Persib. Sementara nama Vladimir Vujovic menjadi andalan di barisan pertahanan kendati baru menjalani tahun pertama di Indonesia. Kombinasi Makan Konate dari sektor tengah beserta talenta seperti Ferdinand Sinaga dan Tantan membentuk suatu kesatuan yang menjadikan lini serang Persib musim ini begitu menakutkan dalam perjalanan hingga ke babak final.

DAHAGA AKAN GELAR JUARA

Bobotoh Persib

Tercatat 19 tahun lamanya menjadi masa penantian panjang Persib akan prestasi tertinggi di kancah sepakbola Indonesia. Selepas menjuarai Liga Indonesia edisi 1994/95, hingga saat ini mereka belum mampu untuk mengulangi pencapaian tersebut. Jelas bukanlah suatu catatan yang menggembirakan bagi klub asal Bandung tersebut.

Momentum untuk memutus dahaga akan prestasi itu kini hadir musim ini, usai melewati perjalanan panjang sejak babak reguler, kini Persib tinggal selangkah lagi menuntaskan rasa penasaran mereka. Motivasi tinggi pun diusung, dengan target mengalahkan Persipura demi merengkuh trofi ISL 2014.

KONSISTENSI PERFORMA

konsistensi coach djadjang-nurdjaman

Tak dimungkiri performa Persib musim ini merupakan salah satu yang terbaik dibandingkan dengan beberapa musim sebelumnya. Di bawah arahan Djajang Nurdjaman, tercatat hanya empat kekalahan yang menghampiri mereka dari total 27 laga sejak babak reguler.

Konsistensi performa itulah yang menjadi bekal mereka untuk dapat menapak hingga fase final. Tak hanya jago kandang, musim ini Persib juga tangguh di laga tandang. Dalam 13 pertandingan lawatan ke markas lawan, tercatat hanya tiga kekalahan yang didapat, yakni dua kali dari Pelita Bandung Raya serta satu dari Semen Padang. Jika bentuk permainan itu mampu dipertahankan, bukan tidak mungkin mereka akan mampu menorehkan hasil maksimal di partai puncak.

KUALITAS LINI TENGAH

muhammad ridwan dan firman utina

Ya, sektor tengah permainan Persib memang menjadi kekuatan utama mereka sepanjang gelaran musim ini. Dihuni oleh pemain dengan kaliber seperti Firman Utina, Atep, M.Taufiq hingga Makan Konate, deretan nama tersebut tak hanya piawai dalam membangun pola serangan tim namun juga kerap menjadi pemecah kebuntuan tim.

Sosok Konate bahkan bisa dikatakan merupakan bintang utama Maung Bandung musim ini. Kendati memiliki posisi asli sebagai gelandang serang, tak jarang pergerakannya kerap merepotkan pertahanan lawan dari lini kedua. Namanya pun sementara ini tercatat sebagai top skor tim dengan torehan 13 gol sejauh musim ini berjalan.

DUKUNGAN MAKSIMAL BOBOTOH

Bobotoh

Bukan Persib namanya jika tak identik dengan Bobotoh. Fanatisme serta kreativitas yang dimiliki pendukung skuat Maung Bandung itu merupakan salah satu yang terbaik. Hal itu terbukti dalam setiap laga kandang dihelat, tak pernah sepi dukungan yang hadir.

Menjelang laga final, dukungan yang datang dari Bobotoh kian memuncak, jarak Bandung dan Palembang sebagai tempat berlangsungnya pertandingan bukan halangan. Lintas kalangan, mulai dari masyarakat biasa hingga wali kota Bandung sendiri, Ridwan Kamil menyatakan totalitasnya bagi Persib untuk dapat meraih prestasi tertinggi tahun ini. Motivasi tersendiri bagi Persib untuk dapat memenangkan laga kontra Persipura demi membayar kepercayaan fans.