Indonesia Berhasil Tahan Imbang Tuan Rumah (2 – 2)

Tim nasional Vietnam sebagai tuan rumah harus puas mendapat satu poin kala mereka menjamu Indonesia di Stadion My Dinh Nasional, Sabtu (22/11) malam, dalam laga Grup A Piala AFF 2014.

Indonesia dibuat kelimpungan sepanjang pertandingan oleh tim tuan rumah yang bermain cepat dan atraktif, namun kegigihan Indonesia mampu menyelamatkan mereka dari kekalahan. Sebagaimana striker pengganti Samsul Arif Munip jadi aktor yang memberikan tim asuhan Alfred Riedl satu poin pertama.

Babak Pertama

Tuan rumah Vietnam langsung menggila begitu pertandingan dimulai, mereka mampu menguasai bola dengan nyaman dan terus coba menebus pertahanan Indonesia lewat umpan-umpan silang. Menit kesembilan nyaris Nguyen Hai Ahn membawa Vietnam unggul, tapi kesigapan Kurnia Meiga mampu mementahkan sepakkan keras dari Hai Anh.

Terus-menerus ditekan akhirnya gawang Indonesia jebol juga pada menit 11′. Gol yang kurang sedap karena lahir dari kesalahan Sergio van Dijk yang menanduk bola sepak pojok Vietnam ke arah pemain lawan, Que Ngoc Hai. Ngoc Hai pun tanpa kesulitan melepaskan tendangan untuk membawa timnya unggul 1-0 atas Indonesia.

Indonesia benar-benar tak mampu berkutik menghadapi kecepatan para pemain Vietnam. Pemain belakang Indonesia kelimpungan dan pemain tengah kerap melakukan kesalahan, sehingga sulit untuk tim Garuda menyuplai bola kepada Sergio atau pun Boaz Solossa yang berduet di depan.

Vietnam yang sempat unggul menurunkan tempo permainan, dan pertahanan mereka mulai lengah ketika laga berjalan setengah jam. Menit 33′ Zulham Zamrun mampu menyamakan kedudukan dengan memanfaatkan blunder Dinh Tien Thanh yang salah tak mampu menghalau umpan lambung Zulkifli dengan sempurna. Zulham pun dengan mulus menaklukkan Tran Nguyen Manh di bawah mistar Vietnam untuk merubah skor menjadi 1-1.

Usai gol penyama dari Zulham, Indonesia nampak makin percaya diri dalam melakukan penetrasi. Sementara itu Vietnam lebih berhati-hati dalam melakukan serangan karena khawair serangan balik dari Indonesia. Yang nampaknya memang direncanakan oleh Alfred Riedl. Tapi tuan rumah kembali mengurung di penghujung babak pertama, namun skor imbang 1-1 tak berubah hingga turun minum.

Babak Kedua

Vietnam kembali memulai babak kedua dengan agresif, baru berjalan lima menit, Nguyen Anh Hai melepaskan tembakkan beruntun dan tak mampu mencetak gol kendati bebas. Bola tembakkan pemain bernomor 24 itu hanya membentur tiang gawang.

Mensiasati penyelesaian akhir, Toshiya Miura akhirnya menurunkan striker andalan Le Cong Vinh menit keempat untuk menggantikan Anh Hai yang banyak membuang peluang. Indonesia sendiri mulai coba membangun peluang lewat Boaz dan Sergio, namun kerap tak sukses. Menit ke-61, Boaz pun ditarik keluar untuk digantikan Samsul Arif.

Pada menit ke-67 Achmad Jufriyanto mampu menyambut umpan sepak pojok tanpa kawalan berarti, tapi bola masih melambung dari gawang Vietnam. Kemudian petaka terjadi lewat serangan balik Vietnam. Tuan rumah kembali unggul lewat striker pengganti Le Cong Vinh. Keputusan Miura tepat memainkan super star -nya Vietnam itu, dengan tendangan voli umpan Nguyen Van Quyet, bola sepakkan Cong Vinh mulus melesak ke pojok atas gawang dari Meiga. Vietnam unggul 2-1 di menit 78′.

Manahati Lestusen yang tak maksimal akhirnya digantikan Firman Utina untuk menambah kreasi di lini tengah Indonesia. Pemain Persib Bandung itu melepaskan umpan panjang yang tepat mengarah ke Sergio, tapi Tran Nguyen sigap keluar dari sarangnya dan membuang bola jauh ke area tengah. Firman mulai nampak menghidupkan permainan Indonesia.

Samsul Arif yang baru masuk cukup menambah agresivitas lini serang Indonesia, ia begitu gigih sampai mampu membuat lini belakang Vietnam kecolongan di menit 80′. Dan pada menit ke-84, kegigihan Samsul terbayar. Determinasinya di sisi kiri pertahanan Vietnam mampu membuat pemain belakang lawan kesulitan, Samsul pun melepaskan tembakkan keras yang tak bisa dihalau Tran Nguyen dengan sempurna, karena bola meluncur mulus di antara kedua kaki kiper pelapis Vietnam itu. 2-2, Indonesia membalas.

Menit-menit akhir Vietnam makin gencar untuk memperoleh tiga angka, Cong Vinh lagi-lagi mendapatkan kans dan beruntung Meiga sigap memblok bola sepakan legenda hidup Vietnam itu. Riedl pun memasukkan Imanuel Wanggai menit 89′ untuk gantikan Zulham. Nampak bahwa peramu taktik asal Austria itu ingin memperkuat pertahanan.

Skor imbang pun tak mampu dihindari oleh Vietnam yang mendominasi pertandingan. Peluang terakhir dari Red Jersey mampu digagalkan Meiga dan wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

Susunan Pemain

Vietnam : Tran Nguyen Manh, Le Phuoc Tu, Dinh Tien Thanh, Ngyuyen Van Quyet, Que Ngoc Hai, Pham Thanh Luong, Vu Minh Tuan, Nguyen Hai Ahn, Nguyen Thanh Hien, Nguyen Xuan Thanh.

Cadangan : Nguyen Thanh Binh, Le Cong Vinh, Le Tan Tai, Nguyen Huy Cuong, Dinh Thanh Trung, Vo Huy Toan, Mac Hoang Quan, Nguyen Thanh Hien, Nguyen Minh Tung.

Indonesia : Kurnia Meiga, Zulkifly Syukur, Boaz Solossa, Raphael Maitimo, Rizky Rizaldi Pora, Achmad Jufriyanto, M Roby, Zulham Zamrun, Sergio van Dijk, Mohammad Ridwan, Manahati Lestusen.

Cadangan : Victor Igbonefo, Ramdani Lestaluhu, Evan Dimas, Cristian Gonzales, Made Wirawan, Imanuel Wanggai, Firman Utina, Samsul Arif, Supardi Nasir.