Diego Costa Dilema Timnas Atau Chelsea

Pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque, percaya bahwa striker Chelsea, Diego Costa, pada akhirnya akan menemukan bentuk permainan terbaiknya di La Roja.

Sebelumnya, pemain asal Brasil tersebut banyak mendapat kritik usai ia memutuskan untuk memilih membela Timnas Spanyol dan tak kunjung menunjukkan aksi terbaiknya kala membela tim juara bertahan Piala Eropa tersebut.

“Saya percaya bahwa pemain yang tampil hebat bersama klubnya, baik di Atletico Madrid dan Chelsea – tidak akan mengalami penurunan di tim nasional,” tutur Del Bosque pada FIFA.com.

Costa musim ini sudah mencetak 9 gol untuk Chelsea, sedangkan di Spanyol, ia baru mencetak 1 gol.

Saya yakin di pertandingan berikutnya ia akan menyatu dengan tim. Ia akan beradaptasi dengan kami dan sebaliknya,” pungkasnya.

London – Manajer Chelsea Jose Mourinho mewanti-wanti tim nasional Spanyol untuk memperlakukan Diego Costa dengan “perlakuan spesial” pada kesempatan berikutnya ia dipanggil lagi ke timnas.

Faktor kebugaran Costa dan cara La Furia Roja menanganinya sudah melahirkan ketegangan antara Chelesea dan Spanyol, setelah penyerang kelahiran Brasil itu mengalami cedera ketika dimainkan Vicente Del Bosque. Mourinho pun mengkritik cara penananganan Spanyol.

Pada tanggal 15 dan 18 November mendatang Spanyol akan bertanding, menghadapi Belarusia di kualifikasi Piala Eropa 2016 dan lawan Jerman dalam partai friendly, dan tentu saja ada kans Costa dipanggil lagi. Untuk itu Mourinho punya pesan khusus untuk Spanyol.

“Itu bukan tergantung saya, bukan keputusan saya. Saya takkan ikut campur dan tidak bakal melarangnya pergi,” kata Mourinho seperti dikutip Football Espana.

“(Tapi) Sekali lagi, ia butuh diperlakukan dengan perlakuan spesial. Saya senantiasa mendukung para pemain untuk membela negaranya ketika mereka cukup bugar untuk melakukannya dan saat timnasnya juga memperlihatkan penanganan serupa dalam memulihkan pemain,” lanjutnya.