David Alaba Jadi Korban Kemenangan Munich Atas Roma

Raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munich, terpaka kehilangan bek David Alaba usai yang bersangkutan mengalami cedera ligamen saat bertemu AS Roma di pekan keempat Liga Champions, Kamis (6/11) dini hari WIB.

Pemuda 22 tahun itu diganti di menit ke-81 sebagaimana Bayern memastikan kelolosan ke babak berikutnya setelah mengklaim kemenangan 2-0 atas Roma.

Usai pertandingan, kubu Bayern mengonfirmasi kondisi pemain Austria tersebut melalui akun Twitter-nya: “David Alaba mendapati cedera medial ligamen kolateral di pertandingan. Akan ada tes lanjutan di pagi hari.”

Mengenai cedera ini, pelatih Pep Guardiola menambahkan: “Kami harus beradaptasi dengan situasi. Kami harap dia kembali dengan cepat.”

Ada pun, kemenangan Bayern di pertandingan tersebut memastikan tempat mereka di babak 16 besar sebagai pemenang Grup E. Kemenangan Bayern Munich atas AS Roma 2-0 meminta korban. Bayern mengonfirmasi bahwa David Alaba dibekap cedera ligamen lutut sehingga diperkirakan akan absen selama beberapa pekan.

Pemain internasional Austria itu terlihat pincang saat berjalan memasuki lorong pemain di Allianz Arena saat pertandingan menyisakan sembilan menit. Josep Guardiola mengungkapkan bahwa Alaba akan menjalani pemeriksaan secara menyeluruh pada Kamis (6/11) pagi waktu setempat.

Cederanya Alaba tentu saja menjadi sebuah pukulan bagi Bayern. Alaba baru saja menyumbangkan kontribusinya dengan mengirim umpan atas terciptanya gol pertama ke gawang Roma yang diciptakan Franck Ribery.

“Cedera Alaba adalah kabar yang benar-benar sangat buruk,” sahut pelatih Bayern itu seusai pertandingan. “Kami harus menyesuaikan situasinya.”

“Dia adalah seorang pesepakbola yang total dan bisa bermain di beberapa posisi,” kata Guardiola yang dikutip DW Sport.

Sebelum Alaba, Bayern sudah lebih dulu ditinggal beberapa penggawanya yang lebih dulu masuk ruang perawatan. Mereka adalah Thiago Alcantara, Javi Martinez, dan Bastian Schweinsteiger.

Kemenangan atas Roma mengantar Bayern lolos sebagai juara Grup E. Dengan 12 poin dan dua pertandingan tersisa, perolehan angka Bayern tidak mungkin bisa dikejar Roma (4 poin), CSKA Moskow (4), dan Manchester City (2).